Selasa, 15 Maret 2016 03:12

TANDATANGANI PETISI INI DAN DUKUNG PRESIDEN JOKOWI TUTUP KEBUN BINATANG SURABAYA

Kebun binatang Surabaya dijuluki "zoo of death"

Kemirisan yang terjadi terhadap binatang binatang di Kebun Binatang Surabaya harus segera dihentikan. Kebun Binatang Surabaya yang didirikan pada tahun 1916 dan merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Asia Tenggara ini meliputi 37 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 350 spesies. Kebun binatang ini telah jatuh ke dalam kehinaan selama beberapa tahun terakhir dengan tuduhan meluasnya penganiayaan, korupsi, dan peternakan yang tidak terkendali.

Banyak binatang yang hidup di Kebun binatang ini dalam kondisi menyedihkan. Mereka kurus, ada yang sakit, tak terurus, hidup dikandang sempit dll. Penganiayaan hewan ini mulai terkuak luas pada tahun 2010 dan pada saat itu Jakarta Post menjuluki kebun binatang ini dengan nama "zoo of death".

Pada tahun yang sama Kementerian Kehutanan mencabut izin Surabaya Kebun Binatang setelah banyak kematian hewan termasuk spesies langka seperti harimau Sumatera, Komodo, singa dan buaya. Salah satu instansi terkait melakukan investigasi dan menemukan penyebab kematian hewan itu antara lain karena kelalaian penjaga maupun ulah oknum tak bertanggung jawab mencuri dan menjual hewan langka ke pasar gelap.

Mirisnya lagi, kebun binatang tidak memiliki cukup kas untuk memberi makan atau medikasi bagi hewan penghuni kebun binatang ini. Jumlah tiket masuk yang terjual juga tidak menghasilkan cukup untuk kehidupan hewan hewan malang disana.

Kondisi kebun binatang Surabaya benar benar tak dapat dikendalikan. Banyak hewan hewan hidup di kandang sempit seperti misalnya burung pelikan sekitar 200 ekor hanya hidup di kandang sebesar lapangan basket dan mereka susah menggerakkan sayap mereka karena kandang yang terlalu sempit untuk burung sebanyak itu. Harimau dikunci di kandang beton yang sangat sempit sehingga ia susah bergerak dan hanya keluar 3 kali dalam 10 hari. Serta banyak hewan lain yang menderita karena kurang baiknya kandang yang tersedia.

Melihat kemirisan yang terjadi, kami menyerukan kepada yang terhormat Presiden Joko Widodo untuk mandat tindakan segera berikut:

1. Tutup kebun binatang Surabaya secara permanen dan memberhentikan manajemen. Sewa staff berkualitas dan terkemuka untuk mengurus dan merawat hewan hewan.

2. Buat pendanaan dan keamanan yang baik untuk memastikan semua hewan menerima diet/makanan yang tepat, dan perhatian medis yang diperlukan.

3. Untuk binatang liar, agar dilakukan rehablitasi oleh tenaga ahli hingga memungkinkan hewan liar tersebut siap untuk kembali ke alam bebas.

4. Setiap hewan yang sakit tak tersembuhkan, kondisi degeneratif, dan yang sakit signifikan harus secara manusiawi disuntik mati berdasarkan rekomendasi dari para ahli hewan.

 

Untuk mendukung petisi ini dan menghentikan penganiayaan serta korupsi di Kebun binatang Surabaya, kalian bisa ikut serta dengan menandatangani petisi ini..

Klik : join petisi

 

 

Item terkait

Scroll To Top