Item terkait

Senin, 08 Jun 2020 16:38

HARI LAUT SEDUNIA, YUK CINTAI LAUTAN KITA DENGAN MENJAGA KELESTARIANNYA

Hari Lautan Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Juni..

dan bertujuan untuk mengingat pentingnya lautan dalam kehidupan sehari-hari kita semua, sebagai "paru-paru planet" dan penghasil banyak oksigen yang kita hirup.

Hari ini ditandai oleh banyak negara, terutama setelah Konferensi Lingkungan dan Pembangunan, dipromosikan oleh PBB dan yang berlangsung di Rio de Janeiro pada tahun 1992.

Hari Lautan Sedunia dicanangkan melalui Resolusi 63/111 yang diadopsi di Majelis Umum PBB pada 5 Desember 2008.

Tema 2020 untuk Hari Laut Sedunia adalah: "Inovasi untuk lautan yang berkelanjutan."

 

Makna Hari Lautan Sedunia

 

Lautan adalah rumah bagi lebih dari 200.000 spesies yang diketahui serta jutaan organisme tak dikenal. lautan menyimpan 97% air di Planet Bumi. Mereka memurnikan air yang setiap orang hirup dengan menyerap 30% dari total karbon dioksida yang ada di dalam air, yang membantu mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim. Lautan juga merupakan sumber protein terbesar di dunia, karena lebih dari 2,6 miliar orang bergantung pada lautan untuk mendapatkan sumber protein utama mereka. Namun di sisi lain, 40% dari lautan dunia sebagian besar dipengaruhi oleh tindakan manusia untuk menyebabkan polusi saat ini.

Dalam hal ini, Hari Laut Sedunia dirayakan untuk menarik perhatian pada pentingnya lautan dalam kehidupan semua makhluk yang menghuni Planet Bumi.

 

Peselancar, sebagai pengunjung yang sering ke Pantai dan Lautan, memiliki peran yang sangat besar di sini, menunjukkan perilaku teladan yang menginspirasi pelestarian dan penghormatan terhadap sumber kehidupan utama di Planet kita.

 

  • EN: EN
Scroll To Top