Item terkait

Minggu, 09 Jun 2019 08:59

SELAMAT HARI LAUTAN SEDUNIA

Beberapa menyebutnya laut, tetapi kami, PEMBURU OMBAK suka menyebutnya ... rumah!


Hari Lautan Sedunia dirayakan setiap tahun pada tanggal 8 Juni. Pada tahun 2019, tema ini sekali lagi merupakan inisiatif menandai "perang melawan polusi" di seluruh negeri dan di seluruh dunia.

Perayaan lautan berasal dari Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan yang diadakan di kota Brasil Rio de Janeiro pada tahun 1992. Pada tahun 2008, PBB memutuskan bahwa 8 Juni akan ditetapkan sebagai Dunia Lautan, menjadi tanggal resmi.

Lusinan negara merayakan tanggal ini, termasuk Indonesia. menunjukkan pentingnya lautan dalam iklim dan sebagai elemen penting dari biosfer. Pentingnya lautan untuk pelestarian spesies dan biosfer adalah salah satu dari beberapa fakta yang disoroti oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang setiap tahun memilih tema sentral untuk debat gagasan dan proyek baru untuk pelestarian dan perlindungan lautan.

Lautan menempati dua pertiga dari permukaan bumi dan melalui interaksi dengan atmosfer, litosfer dan biosfer, memainkan peran penting dalam iklim planet ini. Di sisi lain, lautan tidak hanya menjadi habitat sejumlah besar tanaman dan hewan, tetapi juga menyediakan makanan, energi, oksigen, dan berbagai sumber daya bagi manusia.

INGAT DI SINI ADALAH ATURAN YANG SANGAT SEDERHANA UNTUK MEMBANTU DALAM PERANG TERHADAP PENCEMARAN

Lautan masih merupakan pengatur termal utama planet ini, menyerap lebih dari seperempat karbon dioksida yang dilepaskan oleh aktivitas manusia. Dalam situs resminya, PBB juga mengingatkan bahwa delapan juta ton sampah plastik di lautan setiap tahun, merusak margasatwa tetapi juga perikanan atau pariwisata.

Dia juga menunjukkan bahwa polusi plastik menelan biaya satu juta burung laut dan 100.000 mamalia setiap tahun. Dan juga setiap tahun bahwa plastik menyebabkan kerusakan ekosistem laut senilai $ 8 miliar.

Lautan ... Ada yang menyebut mereka laut, tapi kita, di PEMBURU OMBAK, suka menyebutnya ... rumah! Rayakan hari ini, karena melindungi lautan adalah bagian dari sifat kita, budaya kita, esensi kita.

  • EN: EN
Scroll To Top