Item terkait

Kamis, 29 Agustus 2019 04:19

OWEN WRIGHT MEMENANGKAN KEJUARAAN TAHITI PRO TEAHUPO'O 2019 MELAWAN GABRIEL MEDINA

Ia berhasil meraih kemenangan dengan gulungan ombak setinggi 6-8 kaki yang sempurna di Teahupo'o.....

Owen Wright baru saja menjadi Juara di Tahiti Pro Teahupo'o 2019. Ia berhasil meraih kemenangan dengan gulungan ombak setinggi 6-8 kaki yang sempurna di Teahupo'o pada babak Final melawan 2x pemegang gelar Juara Dunia, Gabriel Medina.

 

Kemenangan ini sudah direncanakan selama satu tahun saat keduanya juga bertarung dalam babak Final di Tahiti Pro tahun lalu. Pada tahun 2018, Gabriel berhasil menang; dan di tahun ini, Owen menampilkan kinerja yang tak terkalahkan.

"Saat ini saya sangat bahagia," kata Owen dalam momen yang emosional setelah kemenangannya. “Ini merupakan peristiwa yang luar biasa. Sebelumnya, saya sempat berbicara jika saya ingin berlomba melawan Gabriel di babak Final, dan tahun lalu kami berdua juga sempat membahas hal itu. Saya punya perasaan yang aneh bahwa hal itu akan terjadi lagi. Hari ini ombaknya sangatlah sempurna dan bisa mengarunginya bersama teman yang hebat rasanya sangatlah istimewa.”

 

Sepanjang kompetisi berlangsung, Owen dan Gabriel sangatlah menonjol, hanya dua orang peselancar yang berhasil meraih nilai 10 sempurna pada tahun 2019 di Teahupo'o. Nilai 10 yang diraih Owen datang pada saat babak perempat final, nilai ini memberinya momentum yang mendorongnya untuk bisa menang.

 

 

"Ketika Anda datang ke sini dan mendapatkan nilai 10 pada babak pertama Anda di hari itu, rasanya benar-benar membuat segalanya berubah," kata Owen. “Saya merasa itu adalah harinya saya. Hal itu membuat saya merasa seolah-olah semua hal datang kepada saya, dan apa yang perlu saya lakukan adalah menundukkan kepala dan terus berjalan. Saya sangat senang bisa meraih kemenangan ini."

 

 

Kemenangan ini menandai kemenangan keempat Tur Kejuaraan dalam karir Owen, dan merupakan langkah luar biasa lainnya setelah ia kembali dari cedera otak yang dideritanya di Pipeline pada tahun 2015. Setelah absen selama setahun setelah cedera yang dialaminya, Owen kembali berkompetisi dan memenangkan kejuaraan pertamanya. Sekarang, satu setengah tahun kemudian, dia mengikuti kompetisi di salah satu dari pecahan ombak terumbu karang terberat di dunia dan berhasil mengalahkan Juara Dunia untuk mencapai kemenangan Tur Kejuaraan keduanya setelah cedera yang dialaminya.

 

 

"Saya belum pernah memenangkan kompetisi sejak acara Snapper," kata Owen. “Dan itu terlalu awal dalam proses pemulihan saya. Sejak itu, rasanya selalu naik turun, dan akhirnya dalam beberapa bulan terakhir ini rasanya selalu naik dan naik lagi. Inilah momentum yang saya butuhkan. Saya sudah lama ingin memenangkan acara ini, keluarga saya ada di sini bersama saya, dan semuanya terasa sempurna. Saya sangat senang bisa meraih kemenangan ini."

Kemenangan Owen hari ini telah mendorongnya naik ke peringkat 8 dunia di  WSL Jeep Leaderboard, dan juga menjadikannya sebagai surfer Australia dengan peringkat tertinggi di dunia. Jika kita melihat acara Olimpiade di Tokyo tahun 2020, kemenangan ini akan menempatkan Owen di posisi yang nyaman untuk bisa memperebutkan tempat yang didambakan di tim surfing Olimpiade Australia.

 

Juara Runner-up Gabriel Medina juga naik peringkatnya dengan posisi keduanya di Tahiti Pro. Sekarang ia menduduki posisi ke-4 di WSL Jeep Leaderboard, Gabriel tidak sabar untuk menantikan acara terakhir di tahun ini untuk berjuang mendapatkan gelar juara dunia ketiganya.

"Babak Final hari ini sangatlah luar biasa," kata Gabriel. “Kami mendapat gelombang ombak yang bagus di seluruh kompetisi, dan Owen benar-benar layak mendapatkan kemenangan itu. Saya ikut bahagia untuknya dan saya bersemangat untuk bisa berada di babak Final bersamanya lagi. Tahun lalu saya sudah menang, dan hari ini dia menggantikan saya. Itu sangatlah luar biasa, dan saya senang berkompetisi dengannya. Saya senang bisa meraih posisi kedua.”

“Dari sini, saya sudah berpikir mengenai perlombaan juara dunia. Saya harus menikmati momentum ini dan menggunakannya sebaik mungkin. Sangat sulit untuk bisa menemukan ritme di tahun ini, tetapi sekarang saya merasa sudah merasakannya."

Hanya beberapa menit setelah babak Final itu selesai, Gabriel sudah tidak sabar untuk mengikuti kejuaraan berikutnya - kesempatan lain untuk memperkuat dirinya dalam perlombaan meraih gelar juara dunia.

"Sekarang," katanya. "Saya hanya memikirkan tentang wave pool."

 

Kejuaraan Tahiti Pro 2019 adalah acara yang perlu diingat, dimana Owen Wright dan Gabriel Medina beraksi bersama dalam acara ini.

 

 

Selamat untuk Juara Tahiti Pro 2019 Owen Wright, dan juga juara runner-up Gabriel Medina.

  • EN: EN

Scroll To Top