Selasa, 29 Agustus 2023 13:42

Persiapan tim selancar semakin intens untuk Olimpiade 2024

Persiapan berjalan dengan cepat…

 

Olimpiade Paris akan berlangsung dari 26 Juli - 11 Agustus 2024, dengan cabang olahraga selancar akan berlangsung di Teahupo'o, diikuti 48 surfer - 24 pria dan 24 wanita. Waktu menuju acara semakin singkat, dan tim dari tiap negara semakin terbentuk, dengan hanya sedikit kekosongan yang tersisa.

Dengan demikian, beberapa atlet yang telah lolos seleksi mulai meningkatkan persiapan mereka. Bulan Juli lalu, tahap persiapan untuk Olimpiade berlangsung di Teahupo'o, dengan ombak yang menantang yang memerlukan banyak latihan. Bahkan surfer dengan pengalaman latihan bertahun tahun dan kompetisi di Tahiti, seperti Tyler Wright, Carissa Moore, dan Kauli Vaast, tidak dapat menyembunyikan bahwa mereka merasa terintimidasi.

Program magang dimaksudkan untuk atlet yang sudah lolos atau memiliki peluang besar untuk lolos seleksi. Peserta-peserta termasuk: Aland Cleland (Meksiko), Bryan Perez (El Salvador), Candelaria Resano (Nikaragua), Saffi Vette (Selandia Baru), Shino Matsuda (Jepang), Billy Stairmand (Selandia Baru), Cody Young (Kanada), Lucca Mesinas (Peru), Sol Aguirre (Peru), Leilane McGonagle (Kosta Rika), dan Tiara van der Huls (Belanda). Tahap-tahap ini dipimpin oleh atlet lokal dan ahli Teahupo'o, Tereva David.

 

Tim Brasil Berkantor di Saint-Ouen

Tim Prancis yang terdiri dari Kauli Vaast, Johanne Defay, dan Vahine Fierro, kini mulai meningkatkan tahap persiapan mereka. Tim Brasil, yang terdiri dari Filipe Toledo, João Chianca, dan Tatiana Weston-Webb, juga memanfaatkan tahap kesepuluh CT 2023, yang berlangsung di Teahupo'o, untuk mengadakan acara pra-Olimpiade, didukung oleh Komite Olimpiade Brasil. Mereka mendirikan struktur di sebuah penginapan di daerah tersebut tempat para atlet dapat berlatih.

Delegasi Brasil akan diakomodasi selama Olimpiade di kota Saint-Ouen, dengan fasilitas pendukung di Lille, Marseille, Seine-et-Marne, di Tahiti, dan di Rio Maior, Portugal. Munisipalitas ini berjarak sekitar satu kilometer dari Desa Olimpiade. Namun, mengingat bahwa kompetisi selancar berlangsung di Teahupo'o, fasilitas untuk peselancar tentu harus berbeda. Para atlet Brasil akan memiliki fasilitas pendukung yang disebutkan sebelumnya di Tahiti.

 

Para Atlet akan tinggal di atas kapal pesiar

Seluruh 48 atlet akan diberi akomodasi di atas kapal pesiar Aranui, yang akan dilabuhkan di Teahupo'o. Kapal pesiar dengan kapasitas 254 penumpang ini tampaknya satu-satunya pilihan yang layak dan berjarak kurang dari 45 menit dari spot kompetisi diadakan, sebagaimana disyaratkan oleh peraturan Olimpiade 2024. Pelayaran bukanlah pilihan akomodasi pertama bagi para surfer - awalnya para atlet akan menginap di Hotel Puuniu, yang ditutup selama 26 tahun, tetapi perbaikan yang diperlukan tidak bisa dilakukan tepat waktu.

Studi dampak akan dilakukan terhadap solusi ini, dan menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Nahema Temarii, "tindakan untuk menyeimbangkan kemungkinan jejak karbon" akan diberikan. Selain itu, pembangunan menara hakim baru senilai 4,6 juta euro juga diumumkan untuk menggantikan menara kayu yang digunakan di CT.

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top