Senin, 23 Januari 2023 10:19

Luke Shepardeson Memenangkan Acara Eddie Aikau Big Wave Edisi 2023

Luke adalah penjaga pantai yang lahir di Oahu, Hawaii.

Eddie Aikau Big Wave Invitational berlangsung Minggu lalu, 22 Januari. Acara tersebut sudah mendapat lampu hijau sejak tanggal 11 lalu, namun pihak penyelenggara kembali mengambil keputusan karena kondisinya di bawah format acara yang dibutuhkan. Minggu ini, yang merupakan salah satu hari gelombang terbesar di North Shore, challenge tersebut akhirnya berlangsung. Meskipun ombaknya tidak sempurna, mereka mencapai ukuran yang diperlukan untuk diadakannya perlombaan (sekitar 30 kaki), dan memberi kesempatan kepada para peselancar untuk memberikan pertunjukan yang bagus.

Nic Von Rupp, peselancar Portugis pertama dan satu-satunya yang berkompetisi di acara ini, menulis di media sosialnya bahwa banyak dari mereka yang hadir menganggap ini sebagai "edisi terbaik dari acara tersebut dalam 40 tahun".

Format acara ini sederhana: diadakan dua babak penyisihan yang terdiri dari delapan orang, sehingga setiap orang dapat berselancar dua kali. 4 ombak terbaik dari masing-masing peselancar dihitung untuk skor total.

(Empat gelombang pertama ini bisa berasal dari salah satu atau kedua babak, sehingga memberikan peluang lebih banyak, dan jika peselancar memiliki babak pertama yang kurang bagus, ia akan mendapat kesempatan kedua).

 

Luke Shepardson memenangkan Eddie Aikau Big Wave Invitational hari Minggu ini di Teluk Waimea. Shepardson adalah peselancar sekaligus penjaga pantai untuk Honolulu Ocean Safety. Ia mencetak 89,1 poin dari kemungkinan 90, meninggalkan John John Florence di posisi ke-2 (pemenang tahun 2016). 

Ribuan orang menyaksikan balapan di Teluk Waimea yang terletak di Pesisir Utara Oahu/Hawaii. Untuk menjalankan kompetisi ini, ombak Teluk Waimea harus konsisten setara dengan sekitar 40 kaki (sekitar 20 kaki Hawaii) dengan kondisi angin yang pas. Ini adalah yang kesepuluh kalinya “The Eddie” – dinamai menurut nama peselancar dan penjaga pantai legendaris Hawaii Eddie Aikau – diadakan selama 38 tahun keberadaannya. Florence memenangkan Eddie terakhir pada tahun 2016.

40 atlet diundang, ditambah pemain pengganti. Untuk pertama kalinya, wanita diundang dan enam orang berkompetisi. Andrea Moller membuat sejarah sebagai wanita pertama yang mengendarai ombak di "The Eddie", sementara Paige Alms adalah wanita dengan peringkat tertinggi di posisi ke-31. Nic Von Rupp peringkat 22 dengan total 56 poin.

Peselancar asal Portugal itu menulis di media sosialnya bahwa ia selalu bermimpi untuk berkompetisi di ajang ini "dengan semua legenda yang selalu saya kagumi".

Mark Healy berada di urutan ke-3 di belakang John John Florence, dan Billy Kemper di urutan ke-4. Kai Lenny di urutan ke-5, Zeke Lau ke-6, Landon McNamara ke-7 dan Keali'i Mamala ke-8. Semua peselancar ini adalah orang Hawaii, dan peselancar internasional dengan peringkat tertinggi adalah Lucas Chianca, di posisi ke-9.

 

Sejauh ini sudah ada 10 pemenang Eddie (termasuk edisi 2023):

Mantan pemenang:

Denton Miyamura (1987),

Clyde Aikau (1986),

Keone Downing (1990),

Nuh Johnson (1999),

Ross Clarke-Jones (2001),

Kelly Slater (2002),

Bruce Besi (2004),

Greg Long (2009),

John Firenze (2016),

Lukas Shepardeson (2023)

 

 

 

  • EN: EN

The 2023 Eddie Aikau Big Wave Invitational at Waimea Bay Surfline

Item terkait

Scroll To Top