Bol Adi Putra (IDN) akan menjadi salah satu yang ditunggu saat kompetisi trials ON pada specialty event WSL, Rip Curl Cup Padang Padang di Bali, Indonesia. Credit: WSL / Lawrence Bol Adi Putra (IDN) akan menjadi salah satu yang ditunggu saat kompetisi trials ON pada specialty event WSL, Rip Curl Cup Padang Padang di Bali, Indonesia. Credit: WSL / Lawrence
Jumat, 22 Juli 2022 08:10

Rip Curl Padang Padang kembali hadir formasi untuk 8 peselancar lokal yang beruntung

Ke 16 tuberiders profesional yang diundang akan bersiap selama bulan Agustus untuk mengantisipasi momen ombak....

 

 

Bali, Indonesia – Jumat 22 Juli 2022: Setelah dua tahun lamanya absen akibat pandemi, WSL dan Rip Curl dengan senang hati mengumumkan bahwa acara tahunan Rip Curl Cup Padang Padang yang ke-16 hadir kembali, dan untuk tahun ini tidak hanya menyediakan media yang sempurna bagi 8 tuberiders internasional terbaik dunia sebagai tantangan untuk mereka bergelut dengan ombak di planet ini, tetapi juga untuk menyambut formasi baru kompetisi trials yang akan menjadi penentu siapakah dari 8 peselancar lokal legendaris dan pemenang terdahulu yang akan menjadi tuberiders selanjutnya. Termasuk didalamnya peselancar wanita pertama yang akan bergabung dengan 8 peselancar internasional.

 

“WSL sangat bersemangat untuk menyambut Rip Curl Cup Padang Padang tahun ini di Indonesia. Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Rip Curl dalam event spesial ini di tahun 2022,” papar Ty Sorati, selaku manajer WSL Asia Pasific. “Event ini sangat unik karena hanya berlangsung di momen ombak terbaik, yang artinya kita akan melihat ombak yang sempurna pada saat kompetisi berlangsung. Kami tidak sabar untuk bisa menyaksikan para tuberiders terbaik dunia dan juga Indonesia bergumul dengan ombak paling mistis di dunia.”

 

 

 

Ke 16 tuberiders profesional yang diundang akan bersiap selama bulan Agustus untuk mengantisipasi momen ombak dan gelombang yang spektakuler tersebut datang serta menunjukkan kepada penonton selancar di seluruh dunia bagaimana mereka bisa menguasai ombak Padang-Padang yang begitu mistis. Event Manager Rip Curl Indonesia, Ribut Wahyudi bersama Direktur Kontes Rip Curl Indonesia James Hendy siap siaga mengamati, membaca situasi dan menganalisa semua kemungkinan yang ada, dan siap untuk memberi sinyal Rip Curl Cup untuk ON ketika kondisi ombak Padang-Padang yang sempurna terjadi.

 

“Bisa menyaksikan para tuberiders terbaik dunia berhadapan dengan talenta terbaik Indonesia di Bali setelah dua tahun absen adalah sesuatu yang kita semua impikan," kata Direktur Kontes James Hendy. "Kami berterima kasih kepada komunitas selancar lokal dan Pemerintah Daerah yang telah mengizinkan tradisi ini berlanjut dan berharap dapat melihat semua orang bisa datang di acara pembukaan event ini di Pantai Padang Padang pada hari Minggu, 31 Juli nanti.”

 

Kompetisi Rip Curl Cup Trials tahun ini mengalami perubahan yang signifikan dalam proses seleksi 8 peserta lokal yang akan masuk ke 16 besar pada event utama. Pada tahun-tahun sebelumnya, 4 finalis teratas dari Trials dan 4 teratas dari event utama tahun lalu tergabung dalam 8 pemain internasional yang akan menuju babak final, tetapi tahun ini membawa perubahan evolusioner pada formasi trials.

 

Di antara para barrel rider terbaik dunia, telah dipastikan bahwa Taina Angel Izquierdo akan ikut serta mewakili Indonesia sebagai satu-satunya kompetitor wanita pada heat draw kompetisi trials tahun ini. "Sedari aku kecil, aku selalu datang ke event Rip Curl Cup Padang Padang untuk menyaksikan dan merasakan betapa spesial dan ajaibnya acara ini," tutur Taina Angel. "Ketika aku mendapat undangan untuk berselancar dalam kompetisi trials tahun ini, aku merasa sangat kagum, terhormat dan bersyukur. Menjadi satu-satunya peselancar wanita Indonesia yang berkompetisi melawan beberapa peselancar favoritku dan bukan sekedar di tempat surfing biasa, tetapi di Padang Padang? Wah, benar-benar mimpi yang jadi kenyataan," imbuhnya.

 

 

32 peselancar lokal telah diundang untuk kompetisi trials sama seperti sebelumnya, tetapi saat sudah berada di air bisa menjadi sesuatu yang luar biasa… Berikut adalah bagaimana kompetisi trials ini akan berlangsung:

 

  • Round Robin (tanpa eliminasi), 1 babak terdiri dari 8 peserta
  • Terdiri dari 8 babak, masing-masing 1 jam
  • Tanpa prioritas
  • Setiap peselancar akan berkompetisi sebanyak dua kali, dengan dua ombak terbaik dihitung untuk keseluruhan skor (20 dari 20 sebagai kemungkinan untuk mendapatkan skor tertinggi)
  • 8 Peselancar terbaik dengan total skor tertinggi akan masuk ke event utama
  • Peselancar dengan total nilai gabungan tertinggi akan menjadi Juara Rip Curl Cup Padang-Padang Trials 2022.

 

Untuk memastikan bahwa Rip Curl Cup 2022 bisa didengar oleh para penggemar surfing di seluruh dunia, Rip Curl kembali bekerjasama dengan WSL untuk ke-5 kalinya dan Rip Curl Cup menjadi specialty event sanction.

 

Masa tunggu Rip Curl Cup Trials telah berlangsung, dan bersamaan dengan press release ini kemungkinan akan berlangsung antara tanggal 26-29 Juli jika prediksi ombak saat ini menjadi kenyataan.

 

 

 

JADWAL ACARA RIP CURL CUP PADANG PADANG 2022:

 

 

Event Waiting Period1 – 31 Agustus 2022

 

Rip Curl Planet Beach Cleanup - Jumat, 29 Juli 2022 Pk. 08.00 (WITA) di Pantai Padang Padang, Bali.

 

Opening Ceremony:

Minggu, 31 Juli 2022 Pk. 15.00 (WITA) di Pantai Padang Padang, Bali.

1.   Meet the surfers

2.   Press conference

3.   Traditional Balinese Kecak Dance

 

Official Rip Curl Cup Party:

Jumat, 26 Agustus 2022, dari jam 14.00 (WITA) – selesai.

Live performance dengan bintang tamu spesial di Ulu Cliff House.

  • EN: EN

Scroll To Top