Pemerintah China bangun RS khusus virus corona. (Foto: STR/AFP) Pemerintah China bangun RS khusus virus corona. (Foto: STR/AFP)

Item terkait

Minggu, 26 Januari 2020 04:30

Bahaya virus Corona !! Pemerintah Indonesia harus extra waspada.

Baru-baru ini warga kota Wuhan digemparkan oleh beberapa orang yang tiba-tiba kejang hingga pingsan seperti zombie.

Hal itu disebabkan oleh virus Corona yang merebak Dan menyerang beberapa warga. Virus ini sangat berbahaya bagi keselamatan manusia. Hingga saat ini, virus yang mirip SARS ini telah menewaskan 26 orang di China dan menginfeksi lebih dari 900 orang di seluruh dunia.

Virus mematikan ini menyebar melalui Mata. Tak Hanya itu, virus ini juga dikatakan dapat menyebar melalui bersin Dan batuk. Wang merupakan seorang spesialis pernapasan dari Peking University First Hospital di Beijing. Dia dianggap sebagai salah satu pahlawan dalam perang China melawan sindrom pernafasan akut parah (SARS) pada tahun 2003 yang merenggut nyawa ratusan orang. Dia mengatakan sulit untuk mencapai kesimpulan awal tentang seberapa cepat virus ini akan menyebar dan seberapa rentan orang terhadap infeksi karena para ahli tidak memiliki semua informasi yang mereka butuhkan.


Selain di China, virus ini telah menyebar ke beberapa negara diantaranya Jepang (1 kasus), Singapura (1 kasus), Korea Selatan (1 kasus), Taiwan (1 kasus), Thailand (2 kasus), Amerika Serikat (1 kasus), Vietnam (1 kasus), Nepal (1 kasus) Dan Prancis (3 kasus). Semua kasus yang terjadi disebabkan lantaran korban datang dari Wuhan.
Pemerintah telah melakukan upaya untuh mencegah menyebarnya virus ini di Indonesia


Salah satu upaya virus tak masuk ke Indonesia yakni dengan melakukan pemasangan kamera pemantau suhu atau Thermal Scanner Camera, di Bandara. Tak hanya itu, pemeriksaan ketat juga dilakukan untuk seluruh penerbangan yang tiba dari luar negeri. Hal ini juga dikarenakan sejumlah negara tetangga telah dikonfirmasi terjangkit virus ini.

Pemerintah harus extra teliti dalam menerima turis China yang masuk ke Indonesia. Mengingat China adalah negara no 1 penyumbang turis di Indonesia.

  • EN: EN

Scroll To Top