Item terkait

Minggu, 09 Desember 2018 13:56

"GOD FIRST" KETUT AGUS RELA GAGAL MENJADI JUARA DUNIA JUNIOR DEMI TAAT KEPADA TUHAN

Ketut Agus harus membelakangi mimpinya menjadi juara dunia junior tahun ini demi hubungannya dengan Tuhan dan agama yang dianutnya.

Ia meninggalkan kompetisi Taiwan Open Of Surfing Junior Championship dan pulang ke tanah air untuk mengikuti upacara adat "Mepandes" atau yang biasa disebut upacara potong gigi.

Untuk kalian yang belum paham apa sih upacara tersebut sehingga Ketut rela meninggalkan impiannya dan mundur dari kompetisi?

Mepandes adalah upacara keagamaan Hindu-Bali bila seorang Anak sudah beranjak dewasa,dan diartikan juga pembayaran hutang oleh Orang Tua ke Anaknya karena sudah bisa menghilangkan keenam sifat buruk dari diri manusia. Upacara ini termasuk apa yang disebut dengan istilah upacara manusa yadnya. Ritual yang dilakukan pada saat potong gigi adalah mengikis 6 gigi bagian atas yang berbentuk taring. Tujuan dari upacara ini untuk mengurangi sifat buruk. Metatah dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan upacara Ngaben, pernikahan, dan Ngeresi, serta dilakukan pada hari-hari tertentu saja pada yang bersangkutan.

Dikutip dari Inputbali.com Dalam tradisi agama Hindu di Bali pada khususnya, ketika seorang anak mulai menginjak usia remaja atau sudah  dewasa wajib melaksanakan Upacara Potong Gigi. Upacara Potong Gigi atau yang biasanya juga disebut dengan istilah Mepandes,Metatah atau Mesangih merupakan upacara yang bermakna untuk menemukan hakekat manusia sejati yang terlepas dari belenggu kegelapan dari pengaruh Sad Ripu dalam diri manusia.

Sad Ripu adalah enam jenis musuh yang timbul dari sifat-sifat asubha karma atau perbuatan yang tidak baik dalam diri manusia itu sendiri, yaitu :
  1. Kama, sifat penuh nafsu indriya.
  2. Lobha, sifat loba dan serakah.
  3. Krodha, sifat kejam dan pemarah.
  4. Mada, sifat mabuk dan kegila-gilaan
  5. Moha, sifat bingung dan angkuh.
  6. Matsarya, sifat dengki dan irihati.

Ciri-ciri Fisik Siap Metatah

Upacara Potong Gigi merupakan bagian dari Manusa Yadnya, yang pada hakikatnya jika ciri-cirinya secara fisik sudah menginjak remaja dapat melaksanakan Upacara Potong Gigi. Ciri- cirinya adalah sebagai berikut:

  • Pada wanita dapat dilakukan setelah mendapatkan menstruasi yang pertama.
  • Pada pria dapat dilakukan setelah mengalami perubahan suara.

Ciri-ciri tersebut dapat dijadikan landasan awal bahwa si anak sudah siap untuk Metatah akan tetapi tidak diharuskan pada saat itu juga, karena harus ditunjang dari kesiapan finansial juga.

Nah, inilah alasan hebat mengapa Ketut Agus rela pulang ke Bali dan mengubur impiannya untuk menang di Taiwan Open Of Surfing Junior Championship.

  • EN: EN
Scroll To Top