Rabu, 18 Juli 2018 17:32

RIP CURL CUP MEMASUKI STATUS SIAGA UNTUK FINAL SAAT OMBAK RAKSASA MENDATANGI BALI

Gelombang terbesar yang hanya datang beberapa tahun sekali akan menghantam Indonesia dan mengguncang pulau Bali tepat pada saat babak Final Rip Curl Cup 2018 di Padang Padang akan dimulai.

Ketua penyelenggara sedang mempersiapkan kemungkinan untuk menyelesaikan putaran terakhir dari kompetisi ini pada Kamis pagi (19 Juli) di Padang Padang. Para peserta juga harus bersiap-siap pada Kamis pukul 7 pagi (waktu lokal Bali) untuk kemungkinan dimulainya babak Semifinal kompetisi surfing terbesar ini.

Menurut peramal resmi untuk acara ini, Surfline, badai yang sangat besar dan intens telah menghantam Samudera Hindia dalam kurun waktu 24-48 jam terakhir. Satelit telah mengukur luas angin sebesar 40-50 knot dengan perkiraan ketinggian laut di kisaran 40-50 kaki, dan bahkan ada satu lintasan yang menunjukkan ketinggian laut mendekati 55 kaki. Pada titik ini, Surfline menyerukan kepada Padang Padang untuk melihat "gelombang ombak yang kuat (10-12 kaki) pada hari Kamis, dengan kumpulan ombak maksimal pada hari itu mencapai 15 kaki."
Setelah menyelesaikan Putaran 1 dan 2 dan menguras semua gulungan ombak di Padang Padang pada hari Minggu, delapan peselancar tetap bertahan dalam perjalanan mereka untuk memenangkan Rip Curl Cup 2018 dan menjadi surfer kesembilan yang meraih sang piala dalam sejarah 15 tahun kompetisi ini berlangsung.

Juara bertahan dan pemuda lokal asal Padang Padang Mega Semadhi tetap menjadi salah satu favorit dan berpeluang untuk memenangkan kompetisi ini dan akan berusaha untuk menjadi satu-satunya tiga kali juara dalam sejarah Rip Curl Cup. Namun, menurut Semadhi, gelombang super yang akan datang ini sepertinya tidak ada siapa pun yang pernah melihat sebelumnya di Padang Padang.

"Ombak ini kelihatan sangat mengerikan," kata Semadhi. “Saya belum pernah melihat gelombang ombak sebesar itu di grafik - gelombang ombak setinggi 4,1, 4,3 meter dalam 20 detik? Saya hanya khawatir rumah pantai saya di Bingin akan hanyut! ”

Selain gelombang besar, beberapa semifinalis internasional juga berada dihadapan Semadhi dan membuat rekor ketiga Piala Rip Curl Cup.       

Salah satu yang menonjol pada putaran pembukaan adalah Jacob Willcox, 21, dari Australia Barat, yang memenangkan kedua putaran secara berturut-turut dan berhasil menganyam beberapa gulungan ombak panjang melintasi terumbu karang Padang Padang yang surut. Dengan hanya babak Semifinal dan Final yang tersisa untuk diselesaikan di Padang Padang, Willcox mengatakan bahwa ketua penyelenggara akan memiliki kekuasaan untuk memilih ombak dan pasang surut yang tepat dan ideal untuk menyelesaikan Rip Curl Cup tahun ini dalam kondisi gelombang ombak yang optimal.
“Saya tidak yakin apakah kompetisi ini akan dilanjutkan pada hari Kamis atau Jumat,” kata Willcox mengenai ‘Green Light’ untuk babak Final. “Ombaknya terlihat sangat besar, jadi kita mempunyai banyak kesempatan dan saya berpikir pasti kita akan menyelesaikan kompetisi ini di salah satu hari tersebut. Hanya masalah bagaiman kita menemukan hari dan saat yang tepat dan semoga semuanya datang secara bersamaan. ”

Sementara itu, salah satu semifinalis Josh Kerr, 34, (AUS), merupakan mimpinya untuk bisa surfing di Padang Padang pertama kalinya dengan hanya tiga peselancar lainnya pada putaran pembukaan. Kerr sekarang hanya berharap dia tetap dapat menjaga mimpi itu dan bisa terus melanjutkan kompetisi ini dan mengubah jadwal tiket kepergiannya dari Bali untuk bertahan dan menjelajahi Padang Padang pada babak semifinal yang tampaknya akan menjadi babak yang paling menakutkan yang pernah diingat.

"Hari Minggu kemarin adalah pertama kalinya saya surfing di Padang Padang," kata Kerr. “Saya tidak bisa berselancar dengan ombak yang bagus sekarang karena saya tinggal di California. Saya melihat beberapa gulungan ombak dan juga beberapa kesempatan. Ombak yang datang terlihat seperti gulungan ombak yang membengkak dengan cepat, jadi pasti akan sangat gila. Kita harus menunggu dan melihatnya. ”

Para penggemar olahraga surfing diseluruh dunia bisa menyaksikan acara ini saat Rip Curl Cup disiarkan secara langsung pada Kamis pagi. Tonton kompetisi ini secara LIVE di RipCurl.com

Berikut ini adalah nama para surfer yang berhasil masuk ke babak semifinal:

Semifinal 1
Jacob Willcox (AUS)
Bruno Santos (BRA)
Agus “Blacky” Setiawan (IND)
Made Adi Putra (IND)

Semifinal 2
Jack Robinson (AUS)
Mega Semadhi (IND)
Josh Kerr (AUS)
Garut Widiarta (IND)

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top