Item terkait

Selasa, 03 Juli 2018 20:11

BERSELANCAR UNTUK SAINS DENGAN SMARTFIN

Smartfin mengumpulkan data untuk penelitian perubahan iklim.


Peselancar menjadi ilmuwan warga dengan menempelkan sirip ke papan mereka yang mengumpulkan data dari laut.

Seperti yang dilaporkan oleh Australian Broadcasting Corportaion, Smartfin dilengkapi dengan GPS, papan sirkuit, chip Bluetooth, baterai yang dapat diisi ulang, dan sensor yang mengukur beberapa parameter laut termasuk suhu, lokasi, gerakan, dan karakteristik gelombang.

Sirip mengumpulkan data dari laut sementara peselancar keluar mengendarai papan mereka. Data tersebut kemudian diunggah ke aplikasi ponsel pintar dan menjadi dapat diakses hampir secara real-time ke komunitas ilmiah internasional.

Surfer dan peneliti Southern Cross University, Renaud Joannes-Boyau mengatakan pemantauan laut secara konstan akan membantu terutama untuk para peneliti perubahan iklim.

"Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dengan Smartfin, kita akan dapat lebih memahami tren pemanasan dan pengasaman lautan dan memobilisasi masyarakat untuk mengambil tindakan untuk memerangi masalah-masalah yang disebabkan oleh perubahan iklim," kata Dr Joannes-Boyau.

"Rentang pantai sangat sulit untuk dipantau karena ada banyak arus, gerakan, dan sangat sulit untuk mengikuti seluruh pantai. Hal yang baik adalah peselancar keluar terus menerus di satu area. Kami pikir itu adalah ide bagus untuk menggunakan orang-orang yang mencintai lautan, dan menggunakan lautan setiap hari, menjadi bagian dari membantu para ilmuwan memantau lautan. "

Smartfin dirancang oleh insinyur Phil Bresnahan dan biogeochemist pesisir Tyler Cyronak dari Scripps Institution of Oceanography di Universitas San Diego. Fins telah digunakan di AS sejak Mei 2017, dengan cabang California dari Surfrider Foundation mendistribusikan 50 Smartfins kepada peselancar lokal. Sekarang Smartfin berkolaborasi dengan para peneliti di Southern Cross University untuk membuat jaringan sensor suhu zona surfing di sepanjang Queensland selatan dan pantai New South Wales bagian utara.

"Rencananya adalah untuk memanfaatkan antusiasme yang dimiliki Australia untuk berselancar dan kesadaran lingkungan  akan seputar masalah kesehatan laut dan perubahan iklim," kata Dr Joannes-Boyau dan menambahkan "Kami ingin peselancar berselancar untuk sains".

Smartfin adalah proyek nirlaba. Tidak ada biaya bagi peselancar untuk berpartisipasi untuk jadi ilmuwan dadakan.

  • EN: EN
Scroll To Top