Kamis, 02 November 2017 23:44

MENGAPA PASPOR INDONESIA LEMAH DIMATA DUNIA?

Indonesia baru-baru ini menduduki peringkat ke-64 dalam daftar paspor paling kuat di dunia.

Sementara Negara tetangga yakni Singapura berada di peringkat teratas dengan akses bebas masuk tanpa visa ke 159 negara. Indonesia sendiri hanya dapat memasuki 63 negara tanpa visa. Tak hanya kalah oleh Singapura, paspor Indonesia juga lebih lemah daripada paspor Malaysia yang warganya pemegang paspor dapat memasuki 69 negara. Mengapa paspor Indonesia lemah dimata dunia?

Dengan lemahnya paspor Indonesia di mata dunia, tentunya ini menyulitkan para warga Indonesia yang hendak melakukan pejalanan ke luar negeri. Untuk kalian yang sudah pernah mengajukan visa, tentu tahu bagaimana repotnya dan pusingnya dengan persyaratan dan surat-surat yang mesti disiapkan.

Menurut seorang pakar hukum Internasional, beberapa kemungkinan alasan mengapa negara Indonesia rendah dalam daftar.

Kemungkinan banyak negara yang khawatir dengan terorisme, mereka tahu bahwa selain menjadi korban teror, ada juga pelaku dari Indonesia. Alasan lain, bisa jadi banyak negara yang mungkin tidak melihat turis Indonesia sebagai pemboros besar yang potensial, tidak seperti orang Singapura, yang menerima gaji tinggi untuk mendukung belanja besar selama perjalanan mereka. Lalu kemungkinan lain adalah penegakan hukum yang lemah yang dapat menyebabkan penyalahgunaan dokumen, seperti paspor, dan yang juga bisa menjadi hambatan lain bagi Indonesia untuk bebas dari visa yang kita semua tahu bahwa penyalahgunaan dokumen juga dapat mempengaruhi negara-negara lain melalui perdagangan manusia, termasuk menyelundupkan pekerja ilegal ke negara lain.

Dengan lemahnya paspor Indonesia di mata dunia, bukan hanya suatu hal mengecewakan bagi para pelancong yang ingin bertandang ke luar negeri. Hal ini juga menjadi salah satu masalah utama bagi para peselancar pro Indonesia yang harus atau kerap melakukan perjalanan keluar negeri untuk mengikuti kompetisi. Bukan sedikit dari mereka yang kecewa karena sulitnya persyaratan untuk pengajuan visa dll yang itu artinya juga menyulitkan ruang gerak mereka untuk berkompetisi di negara lain.

Tentunya dibutuhkan beberapa faktor untuk paspor Indonesia kuat dan tidak dipandang sebelah mata. Seperti majunya perekonomian dan menurunnya angka kemiskinan, tidak adanya penyelundupan dokumen ilegal atau apapun yang berhubungan dengan pembuatan dokumen palsu, menurunnya angka kriminalitas dan beberapa faktor lainnya.

Berikut 10 paspor tersakti sejagat.

1. Singapura (159)
2. Swedia (157)
3. German (157)
4. Denmark (156)
5. Finlandia (156)
6. Prancis (156)
7. Spanyol (156)
8. Swiss (156)
9. Norwegia (156)
10. Inggris (156)
.
.
.
69. Indonesia

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top