Senin, 31 Juli 2017 00:06

Ribuan Warga Indonesia Telah Terdaftar Menjadi Warga Luar Angkasa

Asgardia adalah sebuah negara yang berada di orbit yang tidak dikuasai oleh pihak manapun.

Ribuan warga Indonesia telah menjadi warga negara Asgardia, negara luar angkasa. Saat berita ini dibuat, Asgardia telah memiliki lebih dari 278 ribu warga negara. Jika dibagi berdasarkan negara asal, warga negara Asgardia paling banyak berasal dari Turki, disusul oleh Tiongkok dan Amerika Serikat. 

Indonesia ada pada posisi ke-8 dengan lebih dari 8.600 orang yang bergabung menjadi warga Asgardia. Dari 8.663 orang Indonesia yang mendaftar, sebanyak 83 persen di antaranya merupakan laki-laki dan 13 persen sisanya adalah perempuan. Asgardia memiliki page tersendiri di Facebook, serta halaman Asgardia yang didasarkan pada negara, termasuk page Asgardia Indonesia.

Melalui halaman Facebook tersebut, orang-orang yang penasaran tentang Asgardia bisa bertanya pada pihak administrator. Sejauh ini, halaman tersebut sudah mendapatkan lebih dari 400 Like. Salah satu pertanyaan yang muncul adalah tentang dwi kewarganegaraan, yang memang tidak diperbolehkan oleh pemerintah Indonesia.

"Untuk sekarang tidak masalah karena Asgardia belum dianggap sebagai suatu negara. Ketika Asgardia sudah dianggap menjadi negara maka tergantung kebijakan Indonesia terhadap Asgardia saat itu," jawab pihak administrator. 

Untuk menjadi warga negara Asgardia, Anda cukup mendaftar di situsnya. Anda harus mengisi beberapa informasi pribadi seperti nama, email dan negara asal. Jika Anda masih berumur di bawah 18 tahun, Anda harus mendapatkan izin dari orangtua atau wali untuk bisa mendaftar menjadi warga negara Asgardia. 

Lalu, apa sebenarnya Asgardia?

Asgardia adalah sebuah negara yang berada di orbit yang tidak dikuasai oleh pihak manapun. Proyek Asgardia dipimpin oleh Aerospace International Research Center, perusahaan swasta yang didanai oleh peneliti dan pengusaha asal Rusia, Dr Igor Ashurbeiyli. Nama Asgardia sendiri diambil dari nama kota yang ada di langit dalam mitologi Norwegia. 

Pada bulan Juni lalu, dilaporkan bahwa Asgardia akan meluncurkan satelit pertamanya, yang dinamai Asgardia-1. Satelit kedua akan diluncurkan tahun depan.  "Asgardia-1 akan menjadi tanda dari awal era luar angkasa baru, membawa warga kami ke luar angkasa, setidaknya dalam bentuk virtual dulu," ujar Ashurbeyli.

 

 

Sumber : http://www.metrotvnews.com/

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top