Item terkait

Kamis, 23 Februari 2017 22:06

BYE BYE PLASTIC SUKSES MENGGELAR BEACH CLEAN UP TERBESAR DI BALI

Pembersihan pantai terbesar dalam sejarah Bali maupun Indonesia...

Pada hari Minggu, 19 Februari yang bertepatan dengan hari sampah nasional merupakan hari yang bersejarah bagi Bali. Pasalnya pada hari itu telrselenggara program pembersihan pantai terbesar dalam kutip area dan juga partisipan. Program yang dicanangkan oleh grup Bye Bye Plastic Bag ini diusung dengan tema " one island one voice" telah berhasil mengajak masyarakat, pelajar dan juga turis di Bali untuk bersama sama bergerak membersihkan pantai di sepanjang pantai Kuta hingga Lovina dan Amed hingga Tabanan.

Di Amed kurang lebih 3000 orang turun menyingirkan sampah sampah di sepanjang pantai Timur Bali. Dengan bantuan dari koordinator relawan di masing-masing lokasi, data berhasil dikumpulkan melalui survei. Diperkirakan 12.000 orang menghadiri beach clean up dan berhasil mengumpulkan 40 ton lebih sampah, di 55 lokasi, hanya dalam 1-hari.

Sampah sampah yang telah terkumpul dikolek oleh ecoBali Recycling, DKP , ROLE Foundation, Merah Putih Hijau initiative dan pusat pusat daur ulang skala kecil lainnya.

Program yang sangat positif ini diharapkan akan terus dapat kembali diulang. Meskipun program pembersihan pantai bukanlah solusi untuk bisa mengembalikan lautan yang sudah terlanjur tercemar oleh sampah, tapi setidaknya program ini menumbuhkan rasa peduli yang lebih bagi seluruh masyarakat.

 

  • EN: EN
Scroll To Top