Item terkait

Selasa, 13 Desember 2016 16:22

TAHUKAH KAMU : INILAH HEWAN TERPINTAR DI LAUTAN

Masing masing hewan memiliki kebisaan dan kepintaran masing - masing, namun diantara semua itu, inilah hewan yang paling pintar diantara hewan lainnya di lautan..

Laut memiliki beragam spesies hewan/ikan yang hidup di dalamnya. Setiap spesies memiliki otak dan kebisaan masing masing, tapi tahukah kamu ada beberapa hewan di laut yang memang dijuluki sebagai hewan terpintar berdasarkan penelitian dan uji coba. Berikut ini adalah daftar hewan laut terpintar yang berhasil kami himpun.

1. Cumi cumi - adalah hewan invertebrata yang paling pintar. Struktur otak mereka berbeda dari ivertebrata lainnya di laut. Cumi cumi diketahui memiliki berbagai fitur dalam otaknya yang hampir sama dengan manusia. Cumi cumi juga sangat bisa ingin tahu terhadap lingkungan sekitarnya.

2. Gurita - Semua jenis cumi atau makhluk bertentakel diketahui memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah, tetapi untuk gurita adalah luar biasa! Makhluk laut ini memiliki otak yang cukup besar dengan sensor syaraf yang memungkinkan bagi mereka untuk berpikir secara cepat. Dari berbagai percobaan yang diberikan ilmuwan, misalnya menaruh kepiting di dalam toples, gurita dapat membuka dan menangkapnya. Terkadang bahkan mereka dapat ditemukan di dalam lambung kapal sedang menangkap kepiting. Gurita terbesar yang pernah ditemukan seberat 273 kilogram dan dengan rentang tubuh mencapai 30 meter!

3. Lumba-Lumba Hidung Botol - Keluarga mamalia laut ini memang terkenal memiliki kecerdasan yang luar biasa. Mereka mudah dijinakkan dan dilatih oleh manusia. Di antara banyak mamalia laut yang cerdas tersebut, lumba-lumba hidung botol adalah yang paling cerdas. Otak lumba-lumba jenis ini lebih besar daripada otak lumba-lumba lainnya. Selain itu mereka memiliki koteks serebral 40% lebih besar daripada manusia. Korteks serebral adalah wilayah otak yang berfungsi untuk komunikasi sosial, informasi pengolahan abstrak, pemecahan masalah, dan kecerdasan dalam menerima hal-hal yang baru. Lumba-lumba menggunakan sonar bunyi yang disebut echolocation untuk mendeteksi mangsa, peringatan bahaya, serta mencari koloninya.

4. Paus - Dikenal dengan ukurannya yang besar, hewan ini kami katakan pintar karena sering menggunakan suara yang kompleks untuk berkomunikasi sesama lain dan mengkordinasi kegiatan mereka diantara kelompok. Mereka juga termasuk hewan pemecah masalah yang tangguh.

5. Singa Laut - Sempat diadakan uji coba terhadap singa laut untuk memecahkan soal a=b dan b=c, kemudian sang singa laut menunjuk hasil a=c.

  • EN: EN
Scroll To Top