Item terkait

Minggu, 29 Mei 2016 00:34

PULAU ASU : SALAH SATU PULAU TERLUAR INDONESIA YANG SADIS INDAHNYA

Birunya langit bertemu dengan birunya laut..

Mungkin dari kalian ada yang belum mendengar nama Pulau Asu. Pulau Asu adalah bagian dari wilayah Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. Pulau Asu adalah pulau terpencil dalam Kepulauan Hinako dan merupakan salah satu pulau terluar Indonesia. Luas pulau ini kurang lebih 18 km dengan penghuni tetap sekitar 20 kepala keluarga. Destinasi pariwisata Pulau Asu bisa dibilang salah satu destinasi pariwisata terindah di Nias Barat karena memang pulau ini memiliki keindahan alam yang sadis alias luar biasa.

Birunya langit bertemu dengan birunya laut, itulah yang akan kalian temui jika mendatangi pulau yang masih dibilang perawan ini. Pasir putih nan bersih, jernihnya air laut, dan sepoy angin yang membuat Nyiur daun kelapa melambai lambai menambah nilai eksotisme tersendiri bagi pulau ini. Di pulau ini, kalian bisa melakukan banyak aktivitas seperti bersantai di pinggir pantai, trecking mengelilingi pulau, snorkling, memancing dan bahkan surfing.

Jangan salah, disini juga kalian para Pemburu Ombak juga bisa surfing lho. Pulau Asu memiliki ombak dengan tinggi 4 sampai 7 meter dan panjang ombak mencapai 200 meter. Wow kan? Kebanyakan surfer mancanegara yang datang ke pulau ini, bahkan mereka bisa tinggal di pulau ini untuk 1 hingga 2 bulan. Selain untuk surfer, pulau ini juga memanjakan mata bagi para pecinta diving dan snorkling karena pemandangan bawah lautnya pulau ini sangatlah indah. Tersedia berbagai jenis ikan yang mempesona serta berbagai terumbu karang yang sehat dan berwarna.

Untuk kalian yang ingin kesini dapat menggunakan pesawat dari Bandara Kuala Namu di Medan menuju Bandara Binaka di Gunung Sitoli. Dari Gunung Sitoli kalian dapat melanjutkan perjalanan ke Kota Sirombu dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih 2 jam. Dan dari Sirombu ada dua pilihan untuk menuju ke obyek wisata Alam Pulau Asu. Kalian dapat menumpang kapal reguler atau menggunakan speed boat. Jika memilih menggunakan kapal reguler akan menghabiskan waktu tempuh 2 jam untuk sampai ke Pulau Asu. Sedangkan menggunakan speed boat hanya memerlukan waktu 40 menit.

Guys..ayo bikin rencana untuk sambangi pulau luar biasa ini. Pemburu Ombak jamin karena kondisi alamnya yang jauh dari polusi dan masih terjaga kelestariannya akan membuat kalian merasa betah di pulau ini.

 

  • EN: EN

Scroll To Top