Selasa, 17 Oktober 2023 01:44

Australia Menolak Usulan Pengakuan Orang Pribumi dalam Konstitusi Negara

 

Sebuah kekalahan yang dilihat sebagai pukulan terhadap kemajuan menuju rekonsiliasi oleh para pembela hak pribumi...

Masyarakat Australia menolak usulan untuk mengakui orang pribumi dalam konstitusi negara dan membentuk lembaga untuk memberikan nasihat kepada parlemen mengenai masalah-masalah pribumi. Referendum parlementer juga gagal, dengan kekalahan yang cukup besar segera setelah kotak suara ditutup.

Untuk berhasil, kampanye "ya" perlu memastikan mayoritas ganda, artinya membutuhkan baik mayoritas suara nasional maupun mayoritas di empat dari enam negara bagian Australia.

Kekalahan ini dianggap oleh para pembela hak pribumi sebagai pukulan berat terhadap apa yang telah menjadi perjuangan keras untuk maju dalam rekonsiliasi dan pengakuan di Australia modern, dengan orang-orang yang pertama kali menghuni Australia terus menderita diskriminasi serta kondisi ekonomi dan kesehatan yang lebih buruk.

World Surf League telah memberikan penekanan pada budaya pribumi di semua lokasi di mana kompetisi mereka telah berlangsung. Dalam foto ini, kita dapat melihat sebuah upacara sebagai penghormatan kepada masyarakat Pribumi Australia.. WSL / KELLY CESTARI

 

17 juta orang Australia diwajibkan untuk memilih:

Lebih dari 17 juta orang Australia terdaftar untuk pemilihan wajib, dengan banyak imigran juga melakukannya, di kedutaan besar masing-masing di seluruh dunia dalam minggu-minggu menjelang pemungutan suara pada hari Sabtu, 14 Oktober lalu.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengimbau kepada warga Australia untuk menunjukkan kebaikan kepada satu sama lain setelah referendum tersebut.

 

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, bertemu dengan para aktivis pendukung di Wollongong, New South Wales, pada hari Sabtu yang lalu - Dean Lewins/AAP.

 

235 tahun setelah kolonisasi oleh Inggris:

Pemungutan suara ini terjadi 235 tahun setelah kolonisasi oleh Inggris, 61 tahun setelah orang pribumi Australia akhirnya diberi hak untuk memilih, dan 15 tahun setelah permintaan maaf bersejarah dari perdana menteri atas kerusakan yang disebabkan oleh puluhan tahun kebijakan pemerintah, termasuk pemindahan paksa anak-anak dan keluarga pribumi.

 

Beberapa isu memengaruhi 4% dari populasi Australia yang adalah atau mengidentifikasi diri sebagai pribumi:

Ada perbedaan delapan tahun dalam harapan hidup antara penduduk pribumi Australia dibandingkan dengan non-pribumi Australia, tingkat bunuh diri dua kali lebih tinggi dari rata-rata nasional, dan hasil yang relatif lebih buruk dalam hal kesehatan, pendidikan, dan kematian bayi.

Meskipun badan konsultatif semacam ini bisa saja dibentuk melalui undang-undang, usulan ini dirancang untuk mengamanatkan keberadaannya dalam konstitusi, sehingga tidak dapat dihapus oleh pemerintahan di masa depan.



  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top