Minggu, 10 September 2023 08:51

Filipe Toledo Juara Dunia 2x Berturut-turut: Prestasi Bersejarah untuk Brasil

Caroline Marks mengalahkan Carissa Moore meskipun skor Moore lebih konsisten sepanjang tahun dibanding Marks...

Rip Curl WSL Finals berakhir hari ini di Lowers, Trestles. Rangkaian event terakhir CT sejak tahun 2020 ini hanya diikuti lima pria dan lima wanita teratas dan memiliki format yang benar-benar berbeda dari yang lain, berlangsung hanya dalam satu hari.

Sabtu ini, 9 September 2023, adalah hari yang dipilih untuk memperebutkan Gelar Dunia 2023 di Lower Trestles, dan para pemenangnya adalah Caroline Marks dari California pada kategori wanita, dan Filipe Toledo dari Brasil pada kategori pria.

 

Results of the men's and women's heats:

 

Hasil yang adil dalam kategori pria karena konsistensi yang ditunjukkan oleh Toledo sepanjang tahun 2023.

Filipe Toledo tampil sangat baik di hari final sehingga meraih gelar juara dunia WSL untuk kedua kalinya berturut-turut. Dapat dikatakan bahwa kategori pria adil karena pemenang adalah yang menunjukkan hasil paling konsisten sepanjang tahun dan yang tampil terbaik pada hari final.

Terjadi lagi, kompetitor yang mendapat point tertinggi sepanjang tahun kembali gagal menjadi juara dunia.

Di kategori wanita, terjadi pengulangan dari yang terjadi pada tahun 2022. Peringkat dunia saat ini dan juga peselancar dengan penampilan paling konsisten, Carissa Moore (HAW), tidak dapat beradaptasi dengan cara terbaik dengan kondisi ombak di Lowers, akhirnya dikalahkan Caroline Marks dari California yang tampil apik di final. Hasil yang tidak adil bagi Moore yang penampilannya paling konsisten dan memiliki total point terbaik sepanjang tahun 2023. 

Dari total poin yang diperoleh oleh kedua atlet dalam peringkat WSL final, Moore mencetak total 62.490 poin, tertinggi di antara semua kompetitor pada tahun 2023 (harusnya dia menjadi juara dunia). Sedangkan Marks mencetak 59.870 poin (harusnya dia berada di peringkat ke-4 di peringkat dunia) tapi karena penampilannya di final, dia memenangkan gelar dunia.

Lalu, timbul pertanyaan ini: 

Di cabang olahraga professional individu seperti di situasi ini, apakah normal jika atlet yang penampilannya lebih konsisten dan mendapatkan skor tertinggi sepanjang tahun dikalahkan oleh atlet yang hanya berpenampilan apik di Final dan akhirnya kehilangan gelar juara dunia?

Carissa Moore(HAW) once again lost the world title in less than two hours of competition - WSL

CT/WSL 2023 Final Ranking:

 

Sekali lagi hal ini membuktikan bahwa format yang saat ini dipakai perlu dipikir ulang dan ditingkatkan lagi agar keadilan dapat dikembalikan dalam Kejuaraan Selancar Dunia WSL. Situasi ini sudah dianalisis oleh World Surf League dan kita harap akan ada berita terbaru.

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top