Minggu, 02 April 2023 09:51

Fenomena alam ombak "7 ghosts" di sungai Sumatra terjadi lagi dan terekam kamera di bulan Maret kemarin.

Dylan Graves menggambarkan pengalaman surfing Bono ini sebagai sesi yang luar biasa.

 

Salah satu ombak paling panjang dan sesi menyenangkan yang pernah saya lakukan dengan shortboard saya.

 

Menurut Dylan Graves:

"Baru-baru ini saya berkesempatan merasakan berselancar di fenomena alam yang terjadi di Indonesia yang dikenal oleh penduduk lokal sebagai Bono atau di dunia selancar sebagai '7 ghosts' atau '7 hantu' karena fitur unik yang dikenal sebagai 'whelps', di mana tidal wave pertama diikuti oleh ombak sekunder yang dikenal sebagai whelps, yang dalam hal ini ada 7, maka diberi nama '7 ghosts'"

 

Sungai Bono, tempat terjadinya fenomena alam ini, terletak sekitar empat jam perjalanan dari kota Pekanbaru di Sumatra Tengah. Selama sebagian besar tahun, desa-desa sekitarnya biasanya terendam air saat permukaan air mulai pasang, namun tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena semua bangunan dibangun di atas tiang di atas permukaan air.

 

Tidal wave ini hanya dapat diselancarai selama tiga hingga empat hari berturut-turut pada pasang tertinggi dalam setahun. Biasanya para surfer memanfaatkan jet ski untuk menemukan tempat terbaik untuk menikmati gelombang pasang ini.

 

Sungai Bono juga melewati hutan yang belum tersentuh di Sumatra. Namun, ada beberapa hewan liar yang harus diwaspadai, seperti buaya air asin, yang dapat membahayakan keselamatan manusia. Meski demikian, fenomena alam yang luar biasa ini tetap menjadi daya tarik yang menarik bagi para surfer dari seluruh dunia.

 
  • EN: EN

@DylanGravesYT

Item terkait

Scroll To Top