Item terkait

Senin, 27 Desember 2021 16:46

TOPAN MENGHANTAM FILIPINA, TERMASUK DESTINASI SELANCAR FAVORIT DI FILIPINA SIARGAO (CLOUD 9)

Pada pekan lalu, Filipina selatan dihantam topan yang menyebabkan sebagian pulau hancur total termasuk Siargao (lCloud 9) tempat kelahiran atau rumah dan juga beach break bagi para surfer terbaik Filipina.

Duka mendalam kita aloskasikan untuk negara tetangga kita Filipina yang saat ini tengah berjuang menghadapi kehancuran paska topan super Rai yang berhasil meluluhlantakkan sebagian dari negara tropis yang merupakan salah satu destinasi selancar favorit di Asia.

Salah satu yang paling terdampak adalah tempat yang paling diminati para surfer yang datang ke Filipina yakni Siargao Cloud 9. 

Kecepatan angin mencapai 195km per jam (120 mph) saat mendarat di pulau itu Kamis lalu, Rai menumbangkan pohon palem, merobohkan atap jerami, menghancurkan bangunan kayu, menjatuhkan tiang listrik dan memakan korban jiwa. Sedikitnya 33 orang tewas dan lebih dari 300.000 orang harus meninggalkan rumah dan resor tepi laut mereka yang merupakan ladang mata pencaharian mereka.

A cyclist travels past destroyed vegetation and houses along a road in Dapa town, Siargao island on December 21, 2021, days after super Typhoon Rai devastated the island.

Rumah penduduk, hostel, surf house dan lainnya hancur karena topan yang menghantam (pict by : theguardian.com)

 

Kehancuran pasca topan di Siargao Cloud 9 surga tropis yang terkenal dengan pantai berpasir, ombak besar, dan suasana pantai yang indah ini membuat area tersebut benar-benar tak dapat dikenali. 

Things to Do in Siargao Island, Philippines | Top Activities & Attractions

Pict by : Agoda.com

Siargao pro-surfer Josie Prendergast, baru-baru ini membuat halaman GoFundMe untuk membantu mengumpulkan dana guna membantu penduduk Siargao membangun kembali rumah dan kehidupan mereka. Lanjutkan membaca panggilan Prendergast untuk bantuan di bawah ini dan klik di sini untuk mengunjungi halaman GoFundMe-nya:

 

  • EN: EN

Scroll To Top