Item terkait

Kamis, 05 Desember 2019 15:55

Solar Plant Mengubah Air Laut Menjadi Air Minum untuk 35.000 Orang perhari di Kenya


Lebih dari dua pertiga permukaan bumi tertutup air. Namun, lebih dari 96% darinya adalah air asin, yang tidak dapat diminum.



Kita yang tinggal di daerah yang memiliki air bersih yang layak, terkadang tidak menghargai betapa pentingnya air bersih bagi sekian banyak orang yang kurang beruntung.
 
Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa sekitar 2,2 miliar orang di seluruh dunia masih berjuang setiap hari untuk mengakses air minum segar terutama di negara-negara Afrika Sub-Sahara yang kering.

Pada nilai nominalnya, situasinya tampak ironis — terutama mengingat fakta bahwa lebih dari dua pertiga permukaan bumi tertutup air. Namun, sebagian besar darinya lebih dari 96 persen adalah air asin, yang sulit untuk diminum.
 
Tetapi sekarang, GivePower Foundation telah mengembangkan apa yang bisa menjadi solusi untuk masalah yang berkembang ini. Sejak Agustus 2018, LSM telah mengoperasikan pabrik desalinasi bertenaga surya di Kenya. Solar Water Farm terletak di pantai timur Kenya di sepanjang Samudra Hindia di komunitas nelayan kecil Kiunga dan membawa air bersih yang dapat diminum kepada sekitar 35.000 orang setiap hari,

GivePower dimulai sebagai anak perusahaan nirlaba SolarCity, sebuah perusahaan panel surya yang didirikan oleh miliarder Elon Musk pada tahun 2006. SolarCity akhirnya bergabung dengan Tesla pada tahun 2016, GivePower menjadi organisasi independen sebelum merger.

LSM tersebut menggunakan sistem desalinasi yang ditempatkan dalam wadah pengiriman 20 kaki untuk mengubah hampir 20.000 galon (75.000 liter) air payau atau air asin menjadi air yang layak untuk minum. Wadah dilengkapi dengan panel surya yang menghasilkan 50 kilowatt energi yang disimpan dalam baterai Tesla berkinerja tinggi bersama dengan 2 pompa air yang beroperasi sepanjang waktu.

Ini secara dramatis telah meningkatkan kualitas hidup wilayah tersebut dan terutama di Kiunga, di mana 3.500 penduduk desa tidak memiliki akses ke air bersih. Negara Afrika telah dilanda kekeringan parah selama lima tahun terakhir, yang menyebabkan produksi pertanian yang buruk dan kekurangan gizi ekstrim yang berdampak pada semua aspek masyarakat Kenya.

GivePower adalah yayasan global yang menyediakan teknologi energi surya untuk mengirimkan air bersih, makanan, dan cahaya kepada mereka yang paling membutuhkannya.

GivePower telah membawa energi bersih dan terbarukan ke lebih dari 2.500 sekolah di 17 negara dan berdampak pada kehidupan lebih dari 300.000 orang


 

Link : https://givepower.org/

  • EN: EN

Scroll To Top