Rabu, 13 Desember 2017 00:47

RIP BRUCE BROWN - ORANG YANG PERTAMA KALI MEMBUAT SURF MOVIE

Bruce Brown, pembuat film surfing yang terkenal dan yang membuat film surf pertama "Endless Summer" baru saja meninggal dunia pada usia 80 tahun.

Drew Kampion surfer yang terkenal dan ikonik yang juga editor dari American magazine Surfer menggambarkan betapa pentingnya Bruce Brown :

"Sebelum tahun 1964, media melihat peselancar sebagai kelompok bandel dan pemberontak, industri Hollywood meremehkan citra peselancar dan membuat mereka terlihat seperti sekelompok idiot. Pembuat film Bruce Brown telah mengubah status peselancar sendirian dengan film The Endless Summer yang ia buat. Dia menggambarkan gelombang itu sebagai semacam cawan suci dan peselancar sebagai ksatria di dalamnya. Dalam satu "pukulan" dia mengubah paradigma yang diluncurkan oleh Hollywood dan surfing menjadi populer yang berlangsung sampai hari ini.

Lahir di San Francisco, Brown tumbuh di California Selatan. Ia mulai berselancar di usia 11 tahun di atas gelombang Alamitos Bay.

Seorang peselancar reguler di daerah Huntington Beach, Brown terdaftar di Angkatan Laut setelah lulus SMA, menghadiri sekolah kapal selam di mana dia selesai dengan perbedaan tinggi untuk memastikan dia dapat ditempatkan di Hawaii. Saat itulah ia mulai syuting dengan mesin 9 mm nya.

Dia adalah seorang pria yang menandai sejarah dalam perjalanan olahraga surfing. RIP Bruce Brown!

Bruce Brown dalam proses pengambilan gambar untuk film surf pertama Endless Summer. (arsip pribadi Bruce Brown)

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top