Item terkait

Rabu, 10 Februari 2016 19:04

SEJARAH SOSOK EDDIE AIKAU

Siapakah sosok sebenarnya Eddie Aikau??

Pria legenda ini bernama Edward Ryon Makuahanai Aikau, ia Lahir di Kahului, Maui, Aikau adalah anak ketiga dari 5 bersaudara dari pasangan Solomon dan Henrietta Aikau. Eddie Aikau adalah lifeguard pertama di Waimea Bay pada tahun 1967, pantai yang terletak di pantai utara Oahu, salah satu pulau yang membentuk kepulauan Hawaii di Pasifik. Sementara berjaga jaga dan membuat pantai selalu aman untuk perenang dan peselancar, Eddie juga memiliki reputasi sebagai salah satu pengendara gelombang besar yang terbaik di dunia.

Kemitraan di lifeguarding atau penyelamat di pantai dengan adiknya Clyde, pada tahun 1969, berlangsung selama satu dekade dan diselesaikan dengan sukses. Hanya dipersenjatai dengan papan dan dayung, kedua kaka beradik ini elalu berhasil menjaga pantai aman dan tidak ada kematian pengunjung selama 10 tahun. Sebagai Lifeguard, setidaknya Eddie sudah menyelamatkan kurang lebih 500 orang selama masa ia hidup.

Eddie sangat terkenal, tak hanya sebagai lifeguard tapi juga dikenal sebagai pengendara ombak besar hebat Hawaii. Ia memenangkan beberapa kompetisi termasuk yang bergengsi kala itu adalah Duke Kahanamoku Invitational Surfing Championship.

 

 

 

Pada tahun 1978, Polinesia Pelayaran Masyarakat sedang mencari relawan untuk 30 hari, 2.500 mil (4.000 km) berlayar melakukan perjalanan untuk mengikuti rute kuno migrasi Polinesia antara rantai pulau Hawaii dan Tahiti. Eddie yang ketika itu berumur 31 tahun tertarik untuk ikut. Namun disinilah akhir dari hidup sang lifeguard hebat ini. Sekitar dua belas mil (19 km) selatan dari pulau Molokai Kapal tersebut mengalami kebocoran. Yang hebatnya dari sosok Eddie Aikau ialah dalam upaya untuk mendapatkan bantuan, Aikau mendayung ke arah Lanai di atas papan selancar nya. Namun setelah itu Aikau tidak pernah lagi terlihat dan dinyatakan meninggal meski tanpa jasad.

Sedangkan nasib kru kapal lainnya, diselamatkan oleh U.S. Coast Guard Cutter Cape Corwin dan Sebelum Eddie Aikau dinyatakan meninggal, dikerahkan kru pencarian besar besaran dari laut dan udara namun tidak mendapat hasil.

Untuk menhormati jasa jasa Eddie Aikau dari semasa hidup hingga sikap heroik sebelum kematiannya, brand surf Quiksilver membuat kompetisi ombak besar yang dinamakan Quiksilver Big Wave Invitational in Memory of Eddie Aikau yang diadakan di Waimea Bay.

 

Dan di tahun ini adalah yang ke 9 kalinya Quiksilver Big Wave Invitational in Memory of Eddie Aikau diadakan. Untuk melihat secara langsung, kalian dapat langsung klik Disini..

 

Scroll To Top