Item terkait

Minggu, 25 Juli 2021 13:40

RIO WAIDA LOLOS BABAK KEDUA: SELANGKAH LEBIH DEKAT UNTUK RAIH MEDALI

Rio masuk dalam 16 besar, persaingan semakin ketat!

 

Peselancar asal Bali yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia untuk Olimpiade di cabang surfing kini berhasil mendapatkan tiket 16 besar dan semakin dekat untuk meraih Medali.

 

Rio yang di babak sebelumnya menduduki posisi ketiga dan berhasil unggul diatas surfer WSL tour Julian Wilson, kali ini berhasil menduduki posisi kedua di babak kedua yang mana merupakan babak penentuan untuk tiket 16 besar.

 

Di pertandingan kedua ini, Rio dihadapkan dengan surfer Amerika Serikat John John Florence, Billy Stairmand asal New Zealand dan Manuel Selman asal Chili.

 

 

Rio berhasil torehkan skor 11.53 yang berbeda hanya beberapa poin dari John John yang menduduki posisi pertama dengan poin 12.77. Setelah Rio, di posisi ketiga ditempati oleh Billy Stairmand dengan skor 11.34 dan Manuel Serman dengan skor 9.74.

 

Untuk bisa masuk dalam 16 besar, Rio harus setidaknya menempati posisi kedua dan Rio pun berhasil mendapatkan itu dan membuat ia selangkah lebih dekat untuk menggenggam sang medali.

 

Untuk kalian yang munngkin belum paham dengan sistem pertandingan surfing di Olimpiade, berikut adalah penjelasan langkah-langkah pertandingan.

 

 

Format Kompetisi


Jalur menuju Emas: Format Tokyo 2020 mencakup 6 putaran selancar yang akan mempersempit bidang yang terdiri dari 20 pria dan 20 wanita ke Peraih Medali Emas.

Babak 1: Babak pertama adalah non-eliminasi. Peselancar akan diunggulkan ke dalam lima heat yang masing-masing terdiri dari empat peselancar, dengan dua peselancar teratas langsung melaju ke Putaran 3. Dua peselancar terbawah akan diunggulkan ke Putaran 2, babak penyisihan pertama. Disini Rio Waida menduduki posisi ketiga sehingga ia harus bertanding di babak 2 dan menang setidaknya duduki posisi 3 agar tak tereliminasi.

Babak 2: Babak kedua akan mencakup dua heat yang masing-masing terdiri dari lima peselancar. Tiga peselancar teratas dari setiap heat akan maju, sedangkan dua peselancar terbawah akan tersingkir dari kompetisi. Disini Rio berhasil menduduki posisi kedua yang artinya ia terkualifikasi untuk 16 besar.

Putaran 3: Peselancar akan diunggulkan ke delapan babak yang masing-masing terdiri dari dua peselancar. Peselancar yang menempati posisi pertama bergerak melalui braket, sedangkan peselancar yang menempati posisi kedua tersingkir.

Babak 4 (Perempatfinal): Menampilkan empat babak dari dua peselancar. Peselancar teratas dari setiap heat maju. Surfer di urutan kedua tersingkir.

Babak 5 (Semifinal): Dua babak dari dua peselancar. Peselancar papan atas pergi ke final. Dua peselancar terbawah pergi ke pertandingan Medali Perunggu.

Pertandingan Perunggu: Pertandingan dua orang di mana peselancar teratas mendapatkan Medali Perunggu.

Pertandingan Emas: Pertandingan dua orang di mana peselancar teratas mendapatkan Medali Emas dan peselancar peringkat kedua mendapatkan Medali Perak.

  • EN: EN
Scroll To Top