Item terkait

Rabu, 21 Agustus 2019 14:50

APAKAH PAPAN SELANCAR ITU MAHAL?

Jika Anda baru saja masuk ke selancar, dan Anda melihat harga papan selancar, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa mereka begitu mahal.

Ada begitu banyak jenis yang tersedia, masing-masing dirancang untuk orang yang berbeda seperti untuk peselancar yang lebih tua atau papan selancar untuk orang besar, serta berbagai jenis kegiatan berbasis air seperti papan selancar groveler. Ukuran papan selancar, bahan yang terbuat dari, dan pabrikan semua dapat berkontribusi pada harga rendah atau tinggi. Berikut ini adalah ikhtisar mengapa papan selancar sangat mahal saat ini, dan bagaimana Anda dapat menemukannya dengan harga yang terjangkau.

Berbagai Jenis Papan Selancar

Sebelum Anda mulai mendapatkan harga di papan selancar, Anda harus terlebih dahulu mempertimbangkan berbagai jenis yang dijual. Ada shortboards yang digunakan untuk kontes selancar, dan Fish Surfboard yang memiliki hidung bulat dan jauh lebih lebar. Ada juga yang disebut gun, longboard, dan juga Malibu.

Tiga tipe lainnya termasuk funboard, foamboard, dan body board. Yang Anda pilih akan tergantung pada ukuran Anda, tingkat pengalaman Anda, dan jenis selancar yang ingin Anda lakukan.

Bagaimana Jika Anda Seorang Pemula?

Ada beberapa yang cocok untuk pemula. Beberapa dari mereka disebut Wavestorm, Liquid Shredder, dan Blackfish Modern. Jika Anda seorang surfer berpengalaman, Anda mungkin ingin memilih yang lebih panjang seperti Malibu atau longboard. Bahkan, ketika orang pertama kali memperhatikan peselancar Hawaii, mereka hampir semua menggunakan longboards. Itu adalah bagian dari budaya mereka, dan seiring berjalannya waktu dan olahraga menjadi dipopulerkan, banyak jenis yang kita miliki saat ini dirancang dan diproduksi.

Apa Jenis Papan Selancar Paling Populer?

Seperti yang Anda duga, jenis papan selancar paling populer adalah yang paling pendek. Itu karena mereka juga paling mudah digunakan. Untuk peselancar profesional, mereka mungkin lebih suka papan selancar jenis ini karena mereka merespon dengan sangat cepat bahkan pada gerakan yang paling halus sekalipun.

Sebaliknya, meskipun longboard digunakan oleh banyak profesional, mereka tidak dirancang untuk manuver paling sulit.

 

Berapa Biaya Papan Seluncur?


Di beberapa negara para surfer bisa mendapatkan papan selancar sekitar $ 100 untuk papan shortboard biasa. Ini karena mereka diproduksi secara massal, dibuat untuk masyarakat umum, dan dapat ditemukan di banyak toko dan online. Dan untuk peselancar yang serius dan pro biasanya merogoh kantong lebih dalam sekitar $ 500. Alasan peningkatan biaya adalah karena jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membentuk papan, menggunakan fiberglass, mengampelas papan, dan akhirnya melukis papan dengan motif.
Sejauh papan selancar paling mahal, ini biasanya terbuat dari jenis kayu yang sangat langka, dan bahkan dapat menggabungkan emas. Salah satu yang termahal yang pernah dijual disebut Rampant, dibuat oleh seorang pria di Selandia Baru yang menjualnya lebih dari $ 1 juta.

 
Mengapa Beberapa Papan Selancar Begitu Mahal?

Awalnya, papan selancar terbuat dari kayu. Kayu itu diukir dengan tangan, yang termasuk menyatukan kayu dan mengampelasnya secara manual. Yang lebih ringan terbuat dari apa yang disebut kayu balsa, dan yang lebih berat terbuat dari kayu cedar atau redwood.

Hari ini, papan selancar terutama terbuat dari poliuretan, dilapisi dengan fiberglass, dan disegel dengan resin epoksi. Ini memungkinkan mereka menjadi sangat ringan, tetapi yang lebih penting, mereka dapat diproduksi dengan cepat oleh mesin. Karena inilah kebanyakan orang saat ini dapat mengambil papan seluncur di toko-toko lokal, yang sangat ringan dan mudah digunakan.
Berkenaan dengan biaya untuk papan selancar, papan yang diproduksi secara massal sangat murah. Anda hanya akan membayar mahal jika dibuat dengan tangan, terbuat dari kayu, dan didekorasi dengan cara tertentu.

Jika Anda ingin mendapatkan papan selancar yang tidak mahal, Anda perlu membeli papan selancar yang terbuat dari poliuretan. Ini adalah jenis yang akan Anda temukan dijual di seluruh dunia di toko-toko yang menjual papan selancar.
 
  • EN: EN
Scroll To Top