Item terkait

Minggu, 07 Juli 2019 14:24

DIPERKIRAKAN KEKERINGAN BAKAL MELANDA PULAU JAWA DAN BALI

Beberapa daerah di pulau Jawa dan Bali dan sekitarnya diperkirakan akan dilanda kekeringan dahsyat.

Kabarnya BMKG memperkirakan bahwa kekeringan ini akan berlangsung lebih lama dari kejadian-kejadian yang pernah ada dan kekeringan bisa dikategorikan ekstrim.

BMKG memiliki beberapa nama-nama daerah yang bakal terserang bencana kekeringan ini. Pencatatan itu dilakukan BMKG berdasarkan pemantauan wilayah yang mengalami Hari Tanpa Hujan (HTH) hingga 30 Juni 2019. Daerah-daerah itu tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sebagian Besar Jawa Timur, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Dikutip dari CNN, tercatat wilayah yang memiliki status Awas potensi kekeringan adalah yang telah mengalami HTH lebih dari 60 hari dan prakiraan curah hujan rendah (kurang dari 20 milimeter) dalam 10 hari mendatang dengan peluang lebih dari 70 persen.

Di Jawa Barat adalah Bekasi, Karawang, dan Indramayu. Sementara itu di Jawa Tengah adalah Karanganyar, Klaten, Magelang, Purworejo, Rembang, Semarang, dan Wonogiri. Untuk wilayah Yogyakarta adalah Bantul, Gunung Kidul, Kulonprogo, dan Sleman.

untuk NTT adalah Sikka, Lembata, Sumba Timur, Rote Ndao, Kupang, dan Belu. Dan untuk NTB adalah Bima, Lombok Timur, Sumbawa, dan Sumbawa Timur.

Lalu, untuk wilayah dengan status Siaga potensi kekeringan adalah yang telah mengalami HTH lebih dari 31 hari serta prakiraan curah hujan rendah (kurang dari 20 mm) dalam 10 hari dengan peluang lebih dari 70%.

Wilayah-wilayah dengan status siaga ini adalah Jakarta Utara dan Banten (Lebak, Pandeglang, dan Tangerang).

Kemudian daerah dengan status Waspada potensi kekeringan adalah yang telah mengalami HTH lebih dari 21 hari dan prakiraan curah hujan rendah (kurang dari 20 mm) dalam 10 hari dengan peluang lebih dari 70%. Daerah-daerah itu terdapat di Aceh, Jambi, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan barat, dan Sulawesi Selatan.

Aceh terdapat di kawasan Aceh Besar, Pidie, dan Bireun. Kemudian Jambi berada di Merangin, Batanghari, dan Bengkayang. Lalu Lampung ada di Way Kanan, Kalimantan Tengah di Pulangpisau, dan Kalimantan Barat di Bengkayang.

Terakhir di Sulawesi Selatan adalah Bantaeng, Selayar, dan Takalar.
Untuk Jatim hanya dituliskan di sebagian besar wilayah provinsi tersebut saja. Kemudian, untuk Bali adalah Buleleng. Puncak kekeringan akan terjadi di bulan Juli hingga Agustus.

 

  • EN: EN
Scroll To Top