Item terkait

Selasa, 24 Juli 2018 17:56

SELEBRITI DAN SURFER HAMISH DAUD MEMBAWA OBOR ASIAN GAMES BERSELANCAR

Bagi Hamish ini merupakan suatu kebanggaan besar bisa diberi kesempatan memegang obor Asian Games dan membawanya berselancar untuk pertama kalinya.

Kita semua tahu bahwa Perhelatan Asian Games hanya tinggal hitungan minggu lagi. Asian Games kali ini sungguh spesial karena merupakan perhelatan akbar yang baru lagi digelar di Indonesia setelah 57 tahun silam. Maka dari itu dibutuhkan sosialisasi yang tepat agar seluruh masyarakat tahu betapa pentingnya perhelatan olahraga ini diadakan di Indonesia. Sosialisasi dilakukan dengan kirab atau pawai obor Asian Games yang dibawa mengunjungi 53 kota di Indonesia agar masyarakat tahu gaungnya Asian Games yang memang harus terdengar di seluruh Indonesia.

Ditengah kemeriahan pawai obor Asian Games ternyata membawa kebahagiaan tersendiri bagi Selebriti sekaligus peselancar Hamish Daud. Hamish berkesempatan memegang obor dan bahkan membawanya berselancar. Dan hal ini merupakan sejarah pertama kalinya obor Asian Games dibawa berselancar. Meskipun selancar tidak termasuk dalam olahraga yang dilombakan pada Asian Games 2018.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menerima obor sebelum membawanya berlari sejauh 200 meter, dengan didampingi Gubernur Bali Made Mangu Pastika, Puan Maharani membawa obor sebelum menyerahkannya kepada aktor Hamish Daud. Selama kurang lebih 20 menit berselancar, Hamish kembali ke bibir pantai dan menyerahkan obor kepada Gubernur Bali.

Rasa penasaran tentulah timbul. Bagaimana bisa Hamish mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari pembawa obor Asian Games sampai bisa membawa obor tersebut mengendarai ombak? Disela kesibukan pria keturunan Australia - Indonesia ini kami mencoba melayangkan beberapa pertanyaan pada Hamish terkait peristiwa bersejarah yang ia alami. Berikut ini perbincangan singkat kami dengan Hamish Daud!

 

Pemburu Ombak - Asian Games memiliki pembukaan yang luar biasa dengan salah satunya dan paling bersejarah ketika kamu berselancar dan membawa obor. Bagaimana bisa terjadi? “Karena berselancar tidak ada di dalam jadwal pertandingan Asian Games tahun ini”

Hamish - Ya, surfing bukan termasuk olahraga yang dilombakan pada Asian Games 2018. Saya mendapatkan kesempatan membawa surfing obor Asian Games dan membuat sejarah ini berawal dari SAMSUNG yang merupakan sponsor resmi Asian Games 2018 dan saya adalah ambassador SAMSUNG. Kala itu saya ditawari untuk menjadi salah satu pembawa obor, namun karena saya bukanlah atlit yang bisa membawa obor berlari atau semacamnya, terlintaslah dipikiran saya untuk membawa obor tersebut berselancar. Dan membawa obor berselancar di Bali merupakan suatu hal yang spesial bagi saya dan tentunya surfing Indonesia, seperti kita tahu bahwa Bali sudah dianggap "Capital of Surfing"

Pemburu Ombak - Kamu pikir apakah itu bisa berefek surfing dapat dimasukkan kedalam daftar olahraga yang dilombakan di Asian Games mendatang?

Hamish - Saat itu kita mengadakan konferensi pers dan saya berbicara tentang Indonesia yang telah lama mengenal olahraga seperti badminton, voli, sepak bola yang hampir ada di kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Dan surfing tentunya masih nama baru dibanding olahraga-olahraga tersebut. Saya juga mencoba untuk membuat media dan beberapa yang hadir mengerti bahwa saat ini banyak anak-anak yang bisa mendapatkan uang dari surfing. Surfing adalah salah satu olahraga paling cepat berkembang di dunia, surfing adalah olahraga yang serius, anak-anak bahkan ada yang berusia 9 tahun sudah berhasil mendapatkan gaji dari surfing. Dengan saya membawa obor berselancar itulah kesempatan untuk memperkenalkan surfing sebagai olahraga yang sangat penting untuk negara ini yang merupakan salah satu negara achipelago terbesar. Saya berharap itu bisa mendorong pihak terkait untuk lebih memandang surfing, dan surfing bisa dilombakan di Asian Games berikutnya atau bahkan di Olimpiade. Saya pikir ini merupakan awal yang baikuntuk surfing Indonesia.

Pemburu ombak - Pertanyaan terakhir. Kamu melihat masyarakat Indonesia muda menjadi lebih peka dan kooperatif terhadap perlindungan lingkungan dari Negara kepulauan indah dan besar ini? Jika ya, apa sinyal yang Kamu lihat?
Dan tentang berselancar? Apakah menjadi sangat trendi bahkan dalam generasi muda, termasuk Jakarta mulai masuk ke dalam olahraga / gaya hidup ini?

Hamish - Saya kira iya, saat ini semakin banyak yang sadar akan pentingnya menjaga lautan Indonesia dan isinya. Saya melihat itu dari penglihatan saya sebagai aktivis perlindungan lautan Indonesia. Dan tentang berselancar, saya tak memungkiri bahwa surfing kini lebih dikenal dan menjadi tren di masyarakat Indonesia terutama para usia muda termasuk mereka yang dari kota besar Jakarta.

 

Well, thankyou Hamish atas aksi membawa obor Asian Games berselancar dan membuat sejarah baru terutama pada dunia surfing.

  • EN: EN

Scroll To Top