Item terkait

Rabu, 06 Jun 2018 18:19

FILM "PEMBURU OMBAK" SEBUAH KISAH MENYENTUH SEORANG DEDE SURYANA

Seorang videographer muda mengangkat kisah Dede Suryana dan menuangkannya dalam sebuah film yang menyentuh berjudul "PEMBURU OMBAK".

Sungguh menakjubkan dan kreatif apa yang dilakukan oleh mahasiswa Bandung bernama Nara Sena ini. Pria muda yang biasa dipanggil "kang Sena" ini sedang dalam penggarapan sebuah film bertemakan surfing, yang mana dalam film tersebut dikisahkan cerita nyata seorang surfer pro Indonesia bernama Dede Suryana. Film ini dibuat  bertujuan untuk membuka seluruh mata orang yang menonton tentang apa arti surfing sebenarnya serta memberikan sentuhan yang berbeda dalam perfilman Indonesia yang notabene soal kisah percintaan.

Dede Suryana sendiri merupakan surfer pro yang satu-satunya berasal dari Jawa Barat. Dimana yang lainnya kebanyakan berasal dari Bali. Dalam film ini akan diceritakan secara gamblang bagaimana perjuangan Dede Suryana dalam mengedepankan surfing pada hidupnya yang sempat membuatnya bertengkar dengan orang tuanya dan menghadapi kesulitan lainnya. Beragam kesulitan Dede lewati ketika nafsu berselancarnya begitu besar hingga akhirnya berbuah manis untuk hidupnya saat ini. Kalian bisa lihat Trailer nya di bawah ini.

Gimana, baru lihat trailernya aja udah bikin deg-degan ya? Tentunya kami sangat antusias untuk bisa menyaksikan film ini sesegera mungkin. Bagaimana dengan kalian? pastinya penasaran juga bukan? tenang ya! ditunggu tanggal mainnya.

Kalau menurut Kang Sena film ini akan diputar 5 kali di tur 5 kota yaitu Jakarta, Bandung, Bali, Yogyakarta dan Padang yang rencananya akan diputar akhir tahun ini atau bahkan lebih awal. Film ini juga direncanakan akan dimasukkan kedalam festival film Nasional maupun Internasional. Lalu di tahun depan baru akan dapat kamu lihat di sebuah situs bernama Vidsee.com.

Asal muasal diberikannya judul Pemburu Ombak untuk film ini ketika tim kami sedang mengadakan perjalanan untuk meliput kegiatan surfer-surfer termasuk Dede Suryana di KRUI PRO beberapa bulan lalu. Kala itu Dede membawa seseorang yang sibuk mengambil gambarnya dan ternyata sosok tersebut adalah Nara Sena. Kami dan Sena pun terlibat obrolan santai yang akhirnya terlintas di pikiran Sena untuk meminta nama merek kami sebagai judul untuk film nya ini. Tentunya dengan senang hati kami menerima tawaran kerjasama tersebut. Melihat sisi positif yang akan diberikan oleh film ini, kami begitu antusias dengan peluncuran film ini.

 

 

Oh iya, kami juga sempat berbincang dengan Kang Sena dan Dede Suryana mengenai asal usul dibuatnya film ini. Yuk simak obrolan kami dengan mereka berdua.

Pemburu Ombak : Kenapa kamu memilih surfing sebagai tema dalam film kamu ini?

Nara Sena : Kareana saya melihat surfing di Indonesia belum begitu terkenal. Tapi olahraga ini sangat bagus dan menjanjikan jika kita lebih memperhatikan. Bali contohnya, mau tidak mau surfing lah yang membuat Bali "big". Saya bicara tentang dampaknya yang positif.

 

Pemburu Ombak : Mengapa kamu memiliih mengangkat kisah Dede Suryana? melihat banyak surfer pro di Indonesia lainnya saat ini.

Nara Sena : Saya tahu Dede di filmnya "Mengejar Ombak". Dan saya tahu bahwa Dede memiliki begitu banyak cerita dalam hidupnya yang begitu heroik. Hingga kemudian saya berkenalan dengan beliau. Dan saya pikir Dede adalah sosok utama yang merubah pola pikir masyarakat di kampungnya Cimaja yang kala itu menganggap surfing hanyalah budaya barat dan melakukan surfing berarti tidak punya masa depan. Dengan kesusksesan Dede kini, surfing di Cimaja tidak lagi dipandang sebelah mata.

 

Pemburu Ombak : Bagaimana surfing saat ini dimata kamu? Apakah diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia? Dan bagaimana kira-kira surfing Indonesia kedepannya? Apakah mungkin dapat bertumbuh di seluruh belahan Indonesia?

Nara Sena : Saya yakin akan tumbuh jika kita memiliki sosok ikonik seperti Dede. Tentu memerlukan dukungan dari media untuk mengangkat kisah inspiratif  Dede sehingga kisahnya dan semangatnya bisa ditularkan untuk seluruh masyarakat Indonesia. Contoh Christiano Ronaldo yang begitu sering diberitakan di media, kemudian berimbas kepada orang-orang terutama anak atau remaja untuk berlatih main bola dan menjadi seperti Ronaldo.

 

Pemburu Ombak : Apa pendapat kamu tentang film ini? Apakah merupakan jembatan yang tepat untuk lebih memperkenalkan surfing?

Dede Suryana : Tentu ini merupakan cara yang bagus untuk memperkenalkan surfing di Indonesia. Dengan film ini, diharapkan dapat membuka mata siapapun yang menonton bahwa surfing bukan hanya sekedar olahraga tetapi juga sebuah kesempatan untuk seseorang bisa jadi besar dan juga kesempatan untuk pariwisata Indonseia. Khususnya untuk pemerintah agar bisa lebih memperhatikan bahwa surfing sangat berdampak positif bagi sektor pariwisata Negara ini. Surfinglah yang membuat pantai-pantai di Indonesia dikenal di dunia, kita harus sadar itu.

  

 

Kata penutup dari penulis,

Kami dari Pemburu Ombak sangat mengapresiasi hal positif yang dilakukan oleh sosok seperti Nara Sena. Dan kami sangat bangga kareba ini adalah suatu kehormatan besar atas dipilihnya nama merek kami sebagai judul yaitu "Pemburu Ombak" untuk film ini. Kami Pemburu Ombak adalah milik dan ada untuk seluruh surfer dan pecinta laut di seluruh Indonesia. Dan bersama kita bisa membuat masyarakat Indonesia mengerti akan pentingnya surfing dan laut di Indonesia yang merupakan salah satu Negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki destinasi surfing terbaik di dunia.

 

  • EN: EN
Scroll To Top