Item terkait

Jumat, 11 Mei 2018 11:35

GUNUNG MERAPI KEMBALI MELETUS, VIDEO AMATIR SAAT KEJADIAN TEREKAM OLEH SEORANG PENDAKI

Gunung Merapi meletus lagi Jumat 11 Mei 2018 pagi.

Kabupaten Magelang pun sempat terkena guyuran material vulkanik. Warga sekitar dilaporkan sempat panik sekitar pukul 07.30 WIB. Banyak warga yang sudah berlarian ke arah bawah hingga kemudian ditenangkan oleh petugas dan aparat setempat.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta membenarkan adanya letusan freatik gunung merapi Akibatnya terdapat kepulan asap tinggi di Puncak Gunung Merapi disertai hujan abu tipis di Yogyakarta. terjadi akibat adanya uap air bertekanan tinggi. Uap air tersebut terbentuk seiring dengan pemanasan air bawah tanah atau air hujan yang meresap ke tanah di dalam kawah, kemudian bersentuhan langsung dengan magma.

Yang jelas menurut pihak terkait, letusan kali ini tidak berbahaya seperti erupsi gunung Merapi terdahulu. Masyarakat tidak perlu panik dengan informasi yang beredar di media soaial.

Lantaran letusan jatuh pada hari Jumat dimana menjelang akhir pekan, Gunung Merapi sedang kedatangan banyak pendaki. Hingga kejadian ini berlangsung para pendaki terkejut dan opanik hingga akhirnya petugas mengosongkan area dan menutup untuk sementara agar kepanikan tidak terjadi berkepanjangan.

Salah satu pendaki sempat merekam kejadian letusan pagi ini. Berikut videonya :

 

 

  • EN: EN

Scroll To Top