Item terkait

Selasa, 30 Januari 2018 22:50

JANGAN LEWATKAN SUPER MOON, BLUE MOON DAN GERHANA BULAN DI MALAM YANG SAMA!

Fenomena ini terjadi untuk pertama kalinya dalam 150 tahun ...

Beberapa orang menghabiskan seumur hidup tanpa pernah mengalami kejadian yang sangat langka ini. Bulan menunjukkan tiga fenomena sekaligus, yaitu supermoon, blue moon, dan gerhana bulan, yang dijuluki NASA sebagai fenomena supermoon blood moon.. Ini adalah pertama kalinya sesuatu seperti ini terjadi dalam 150 tahun.
Sebuah Bulan Super, Bulan Purnama di titik orbit terdekatnya di Bumi, akan menjadi yang terakhir dari tiga seri: yang pertama memberikan sinyal pada tanggal 3 dan yang lain pada tanggal 1 Januari. Mengingat bahwa ini juga akan menjadi bulan purnama kedua yang akan berlangsung di bulan yang sama, fenomena ini juga tergolong Blue Moon.

Sebuah Bulan Super, Bulan Purnama di titik orbit terdekatnya di Bumi, akan menjadi yang terakhir dari tiga seri: yang pertama memberikan sinyal pada tanggal 3 dan yang lain pada tanggal 1 Januari. Mengingat bahwa ini juga akan menjadi bulan purnama kedua yang akan berlangsung di bulan yang sama, fenomena ini tergolong Blue Moon.
Blue Moon adalah nama yang diberikan pada Bulan Purnama kedua bulan ini - yang kadang-kadang terjadi karena fakta bahwa Bulan membutuhkan 29,5 hari untuk menyelesaikan orbit, kurang dari sebulan. Saat diamati, dengan mata telanjang, Bulan terlihat biru.

Fenomena langka yang dapat diamati di Indonesia tersebut muncul karena Matahari, Bumi, dan Bulan berada dalam satu garis. Saat itu, Bulan berada pada jarak terdekat dengan Bumi. Gerhana bulan akan mulai terjadi pada pukul 17.49 WIB dan masuk gerhana total pada 19.51 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 20.29 WIB dan gerhana total berakhir pada pukul 21.08 WIB.

So guys, jangan sampai terlewatkan fenomena yang hanya dapat kalian saksikan satu kali seumur hidup ini. Besok 31 Januari 2018!!

  • EN: EN

Scroll To Top