Selasa, 23 Januari 2018 22:45

GEMPA MELANDA BANTEN, JAKARTA DAN SEKITARNYA. BERAGAM VIDEO DAN FOTO HOAX BERMUNCULAN

Ayo jadi netizen yang cermat!!

Sebuah guncangan gempa kemarin menggegerkan warga Jakarta dan sekitarnya. Pasalnya, guncangan terasa hingga lebih dari 2 menit.

Menurut BMKG, pusat gempa berada di Lebak, Banten. Gempa terjadi pukul 13.34 WIB, Selasa (23/1/2018). Titik gempa berada di koordinat 7,21 LS dan 105,91 BT atau tepatnya 81 km arah barat daya dari Lebak, Banten. Pusat gempa berada di 10 km di bawah permukaan laut. Tercatat gempa berkekuatan 6,4 SR itu terjadi sekitar pukul 13:34:50 WIB.

Paska terjadinya gempa yang menghebohkan warga Jakarta ini, ditambah semakin heboh dengan beredarnya foto-foto ataupun video hoax yang memperlihatkan betapa mengerikannya gempa yang melanda Banten, Jakarta dan sekitarnya. Tangan-tangan usil sengaja menyebarluaskan video dan foto hoax tersebut hingga mengakibatkan keresahan terutama bagi warga Jakarta sendiri.

Dihimbau kepada sobat pemburu ombak untuk menjadi netizen yang cermat dalam menelaah suatu berita baik itu video maupun foto. Jangan langsung percaya dengan video atau foto yang kalian pun belum tahu jelas benar atau tidaknya. Tangan-tangan usil itu malah semakin senang jika melihat masyarakat resah dan ketakutan.

Berikut kami jabarkan beberapa konten-konten hoax yang beredar akhir-akhir ini di dunia maya yang dikatakan adalah akibat gempa Banten dan Jakarta.

 

Ini adalah salah satu foto yang beredar menggegerkan dunia maya Indonesia. Mengatakan bahwa jalan rusak ini diakibatkan gempa Banten dan Jakarta 23 Januari kemarin. Padahal, ini adalah foto jalan retak Yogya-Wonosari.

Begitu juga dengan video truk yang berayun-ayun di dalam sebuah kapal feri, yang ternyata adalah video saat badai menghantam di Pelabuhan Gilimanuk, Bali, yang sudah diunggah di Youtube sejak Juni 2017.

 

Selain video-video ataupun foto-foto yang mengerikan, bermunculan juga foto-foto atau meme yang sengaja malah dibuat untuk ajang lucu-lucuan paska gempa terjadi. Padahal itu sama sekali tidak lucu. Bayangkan jika kita yang merasakan rumah kita rusak karena gempa, jika kita kehilangan harta benda kita paska gempa atau kita maupun saudara kita terluka karena gempa. Bukan sepantasnya kita tertawa diatas penderitaan sesama rakyat Indonesia.

Seperti gambar seorang lelaki yang berpakaian pegawai negeri sipil (PNS), yang melindungi diri dengan bersembunyi di bawah meja, sambil makan pecel lele.

"Tips saat gempa. Jangan panik. Pecel lele Jangan lupa dibawa", ungkap Dahnil Anzar, Ketua Pemuda Muhammadyah, melalalui akun Twitter @Dahnilanzar.

Lalu tersebar juga foto editan Patung Dirgantara atau yang dikenal dengan nama Patung Pancoran, yang seakan melompat dari landasannya, "kaget karena gempa".

(Pemburu Ombak tidak menampilkan meme tersebut)
 

Ayo, jadilah netizen yang cermat dan selektif dalam membaca atau membagikan berita maupun video ataupun foto-foto di dunia maya. Jika kamu setuju dengan kami, yuk share artikel ini!

 

 

 

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top