Item terkait

Selasa, 11 April 2017 23:13

Bali akan miliki ‘’Underpass’’ di Bundaran Tol-Bandara Ngurah Rai

Underpass ini berfungsi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi....

Pemerintah kini merencanakan pembangunan underpass di bundaran Tol Bali Mandara-Bandara I Gusti Ngurah Rai. Rencana ini sebetulnya bukan sesuatu yang baru, karena masih satu paket dengan pembangunan Tol Bali Mandara tahun 2013 lalu. Namun kala itu, underpass masih tertinggal pembangunannya karena berkejar-kejaran dengan gelaran APEC yang menjadi alasan dibangunnya Tol Bali Mandara.

“Baru selesai FS (feasibility study), kita lagi menyiapkan DED (detail engineering design),” ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII, I Ketut Darmawahana, kepada Bali Post, Rabu (18/1) kemarin.

Diperkirakan panjang underpass dari arah Nusa Dua menuju By-pass Ngurah Rai itu kurang lebih antara 500 sampai 600 meter. Seluruh biaya dikeluarkan pemerintah pusat karena merupakan jalan nasional. Namun, pihaknya belum bisa menentukan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk itu.

“Anggaran belum, dasarnya dari DED baru tahu anggarannya,” tandasnya.

Kepala Bappeda, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Bali I Putu Astawa berharap DED underpass sudah bisa rampung tahun ini. Dengan demikian, pembangunan underpass sudah bisa dilakukan mulai 2018. Melihat pula kondisi lalu lintas di bundaran depan Tol Bali Mandara dan Bandara I Gusti Ngurah Rai yang kini sudah mulai krodit.

“Ini kan harus dicarikan solusi. Kalau masyarakat tampaknya sudah bisa menerima seperti yang di patung Dewa Ruci, sehingga salah satu solusinya underpass. Harapan kita 2018 sudah bisa dibangun. Kalau membangun begitu kan tidak lama, paling setahun selesai,” ujarnya.

Diwawancara terpisah, anggota Komisi III DPRD Bali I Wayan Adnyana mengatakan, rencana underpass memang sudah ada pada saat rencana awal Tol Bali Mandara. Lantaran mengejar pelaksanaan APEC, underpass belum bisa diwujudkan karena ada banyak utilitas di sana sehingga butuh waktu lebih lama.

 

 

Sumber : bali-travelnews.com

  • EN: EN
Scroll To Top