Item terkait

Sabtu, 08 Oktober 2016 10:13

BALI BELUM MERAUP MANFAAT YANG POTENSIAL DARI SURFING

Pemkot belum efektif memanfaatkan berselancar sebagai pasar wisata potensial..

Bali memiliki pemandangan pantai yang menawan serta ombak yang beragam, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Mulai dari pantai berpasir putih dan berpasir hitam. Tentunya apa yang dimiliki pulau Bali ini menarik perhatian wisatawan untuk datang terutama para surfer yang berbondol bondol tiap tahunnya untuk berselancar dan menjajal ombak di pulau dewata ini. Namun dikatakan, banyaknya turis dan peselancar yang berkunjung ke Bali ternyata masih belum memberikan manfaat bagi Bali sendiri. Menurut pendapat beberapa surfer lokal, Pemkot belum efektif memanfaatkan berselancar sebagai pasar wisata potensial.

Menurut salah satu pelatih surfing di Bali, Bisnis surfing di Bali cukup menjanjikan dan memiliki potensi, seperti jasa penyewaan papan selancar dan pelajaran berselancar. Ini bisa membantu meningkatkan pendapatan daerah karena ada pajak untuk membayar namun Sayangnya potensi ini belum maksimal.

Mulai dari Sepanjang pantai selatan Jembrana ke Karangasem, setidaknya ada 200 lokasi populer bagi kalangan peselancar. lokasi ini merupakan rumah bagi beberapa jasa penyewaan papan selancar dan sekolah surfing dengan tarif mulai Rp 50.000 (US $ 3,85) per jam untuk sewa dan Rp 3,5 juta untuk sesi pelatihan dua jam.

Dimaksudkan para peselancar lokal dan pelaku bisnis surfing Bali hanya ingin berbagi potensi pengelolaan pasar surfing di Bali, namun tidak ada peraturan yang telah dibuat oleh pemerintah. Padahal jika pemerintah jeli melihat, surfing merupakan pasar wisata tertinggi di Bali, bahkan paska terjadinya bom Bali tahun 2002 silam, bisnis surfing masih bisa selamat dan berjalan. Setelah bom Bali, wisatawan diminta untuk tidak melakukan perjalanan ke Bali. Tapi peselancar asing terus berdatangan dari Singapura untuk surfing dan memberikan dukungan mereka.

Medewi, Legian, Kuta, Nusa Dua, Jimbaran, Tulamben ke Nusa Penida merupakan pantai yang dikatakan menjadi beberapa tempat surfing paling populer bagi wisatawan.

  • EN: EN
Scroll To Top