Item terkait

Selasa, 23 Agustus 2016 13:33

DI BANTEN JUGA BANYAK SPOT UNTUK SURFING LHO !!

Banten merupakan provinsi yang paling dekat dengan Jakarta..

Seiring berjalannya waktu, olahraga surfing semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama kalangan muda. Tidak hanya kalangan muda yang tinggal di garis pantai, tetapi juga mereka yang tinggal di kota seperti kota besar Jakarta. Dulunya orang pikir surfing hanya bisa dilakukan di Bali atau Mentawai dan daerah lain yang memiliki ombak yang besar. Tapi siapa sangka di beberapa pantai Banten juga bisa digunakan untuk surfing. Ini menguntungkan bagi kalangan pemburu ombak yang berdomisili di Jakarta, dimana jarak tempuh ke Banten hanya membutuhkan waktu beberapa jam dengan mobil. Selain itu, beberapa spot ini juga masih sepi tak seperti di Bali karena surfing Banten masih belum begitu terkenal.

Berikut beberapa pantai di Banten yang bisa dijadikan tempat surfing...

 

1. Pulau Deli dan Pulau Tinjil - Kedua Pulau ini terletak di sebelah selatan Banten, karena letaknya yang terbuka dan menghadap ke Laut Selatan / Samudera Indonesia maka intensitas Ombak pun lebih besar dan lebih sering. Kebanyakan Wisatawan berkunjung ke kedua pulau ini adalah untuk memancing, namun berbeda bagi para pemburu ombak, spot-spot di pulau ini pun terbilang "secret" karena sangat jarang diketahui oleh peselancar pada umumnya, hal itu juga dikarenakan pencapaiannya yang harus melalui jalur laut atau menggunakan kapal.

2. Pantai Sawarna - Pantai ini memang sudah terkenal sebagai destinasi para penggemar olahraga surfing bahkan hingga ke turis-turis mancanegara. spot sawarna ini tergolong untuk peselancar yang sudah mahir saja, karena reef break dengan dasar karang akan cukup berbahaya bagi peselancar yang masih pemula. Seiring dengan perkembangan wisata di pantai sawarna, penduduk sekitar akhirnya banyak menyediakan fasilitas penginapan "guest house" yang cukup ekonomis, namun karena letak pantainya yang lumayan jauh dari jalan raya dan belum bisa diakses oleh kendaraan roda empat, maka banyak juga tersedia penitipan kendaraan bagi yang berniat untuk berwisata dan menginap di pantai sawarna tersebut.

3. Panaitan - Untuk menuju lokasi ini memang tidak bisa jalan darat melainkan harus lewat jalur laut menggunakan Kapal yang biasa disewakan oleh nelayan setempat. Lokasi surfing yang satu ini bisa dibilang kebanggaan para surfer Indonesia, karena ombaknya yang sempurna dan berkelas dunia sejajar dengan ombak-ombak di hawai dan tahiti. di pulau ini terdapat banyak sekali spot-spot untuk surfing, diantaranya adalah One Palm Point, Napalm, Pussy, Fork lift, Incicator, dll. namun yang menjadi favorit para peselancar sekaligus yang paling berbahaya adalah One Palm Point. Bahkan para Peselancar Profesional pun memakai full protector hingga Helm khusus untuk berselancar di spot yang satu ini. jadi bagi yang belum berpengalaman jangan sekali-kali coba-coba spot ini.

4. Pantai Bandulu - ini merupakan lokasi yang paling dekat dari Jakarta yakni setelah keluar Tol Jakarta - Merak kalian bisa menemukan pantai Anyer dan disekitar itu ada pantai yang disebut Pantai Bandulu dimana sering dijadikan tempat surfing. Namun jika musim liburan tiba, kalian harus surfing dengan hati hati karena biasanya banyak wisatawan yang juga berenang renang di pantai.

5. Pasauran (perbatasan Serang dan Pandeglang) - Untuk pemula tidak disarankan untuk surfing disini karena ombak left handernya yang begitu kuat menggulung serta permukaan dasar lautnya yang merupakan kumpulan karang karang tajam.

6. Pantai Kharisma (Malingping) - Di Kecamatan Malingping ada beberapa pantai unggulan sebagai destinasi wisata bahari diantaranya adalah Pantai Bagedur, dan Pantai kharisma. Bagi para pecinta olahraga selancar biasanya lokasi yang dituju adalah pantai kharisma. Pantai ini tergolong pada aman karena dasar pantainya adalah pasir putih lembut. Akan tetapi..walaupun relatif aman dengan dasar pasir putih yang halus, arus balik di pantai ini cukup kuat sehingga bila tidak waspada dan berhati-hati kita bisa tertarik arus menuju tengah, dan gelombang ombaknya pun tergolong relatif besar karena letaknya yang langsung berhadapan dengan samudera indonesia / pantai selatan. jadi bagi para surfer pemula sebaiknya tetap didampingi pelatih atau teman yang lebih mahir.

7. Pantai Jambu - Disinilah pantai yang tepat untuk belajar atau bagi para pemula. Ombaknya yang tidak terlalu ganas dan permukaan yang terdiri dari karang kecil dan pasir membuat pantai ini pas dijadikan tempat belajar. Jika kalian dari Jakarta, lokasi pantai ini sangat dekat dari keluar Tol Jakarta Merak yang tentunya menjadikan pantai ini sangat pas bagi kalian pemula yang tidak ingin menempuh jarak perjalanan terlalu jauh.

  • EN: EN
Scroll To Top