Item terkait

Kamis, 28 Juli 2016 10:21

BEBERAPA WISATA MENARIK DI BANGKA BELITUNG YANG HARUS KALIAN KUNJUNGI

Berbicara tentang keindahan bumi Bangka Belitung tidak akan ada habisnya...

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Hampir setiap daerah atau pulau di Indonesia menyimpan keindahan dengan karakteristik masing masing yang tentunya memanjakan mata para pelancong yang berkunjung. Kali ini kami ingin mengulas tentang keindahan tempat wisata yang wajib harus kalian datangi di Bangka Belitung. Jika kita berbicara tentang keindahan bumi Bangka Belitung memang tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Beragam spot indah dapat kalian temukan di Bangka Belitung ini, Penasaran dimana saja? Berikut tempat tempat wajib kalian kunjungi ketika berlibur ke Bangka Belitung..

 

1. Pantai parai Tenggiri

Jarak Pantai Parai Tenggiri jika dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang sekitar 40 km. Pantai ini merupakan pantai yang indah di Bangka Belitung dan memiliki karakter ombak yang lembut serta permukaan yang landai. Panorama Pantai Bangka yang satu ini sangat eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti yang ada pada pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri ini juga mempunyai bebatuan granit dengan ukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan jumlah yang banyak. Panorama pantai yang indah bisa kalian saksikan ketika menaiki bebatuan granit tersebut, disini Anda akan disuguhkan keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Banyak sekali kegiatan wisata menarik yang bisa kalian lakukan, di antaranya seperti parasailing, banana boat hingga bermain snorkel di Parai Tenggiri.

Pict by : katadia.com

 

2. Pulau Lengkuas

Salah satu yang khas dari Pulau Lengkuas ini adalah adanya keberadaan mercusuar yang usianya sangat tua dan hingga kini masih akitf, yaitu mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1882. Pesona yang memikat ada pada hamparan laut biru dan jernih dengan bebatuan granit yang sangat mempesona. Dengan luas wilayah yang kurang dari 1 hektar, Pulau Lengkuas mampu menyuguhkan panorama laut yang memikat. Kalian hanya cukup menaiki mercusuar setinggi 50 meter tersebut, untuk bisa menikmati pemandangan spektakuler di Pulau Lengkuas.

Pict by : bisnistravelbelitung.wordpress.com

 

3. Gunung Manumbing

Gunung Menumbing adalah tempat pengasingan Bung Karno dan juga Bung Hatta pada tahun 1948-1949 oleh Belanda di Pulau Bangka. Gunung Menumbing berada di daerah Mentok arah Barat Laut Bangka, dengan ketinggian 355 meter di atas permukaan laut. Terdapat wisma yang menjadi tempat diasingkannya Proklamator RI, dan hingga kini kondisinya masih tetap terawat. Wisma ini dijaga oleh keluarga Abdi Dalem Keraton Yogyakarta hingga generasi ke generasi yang dari awal mempunyai tanggung jawab menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama berada di pengasingan Bangka.

Pict by : tantular.com

 

4. Museum Timah

Museum yang berdiri sejak 1958 berisi tentang sejarah pertimahan yang ada di Bangka Belitung. Seperti diketahui bahwa Bangka Belitung memang sangat kaya akan timah. Dan di museum ini kita dapat belajar dan mengenal lebih dekat sejarah proses penambangan timah sampai dengan mengolah timah dengan cara modern dan tradisional lewat foto serta dokumen koleksi dari Museum Timah. Asyik, kan, berwisata sambil menambah ilmu baru. Perlu diketahui juga bahwa Museum Timah ini adalah satu-satunya yang ada di Indonesia bahkan lingkup Asia. Banyaknya wisata pantai nan eksotis di Bangka Belitung tidak lantas membuat wisatawan yang berkunjung ke museum berkurang. Justru, Museum Timah jadi alternatif wisata selain pantai yang terdapat di Bangka Belitung. Museum Timah dibuka tanggal 2 Agustus 1997 oleh PT Timah,Tbk.

Pict by : tourismeffect.wordpress.com

 

5. Komunitas Kelekak

Pertama kali masuk kawasan Kelekak Community, kita akan disuguhi tarian tradisional atau tarian penyambutan khas Bangka. Nah, sebetulnya Kelekak ini adalah sejenis miniatur perkampungan masyarakat Bangka pada abad 18. Tujuan pembangunanya, supaya lebih mengetahui atau membuka lagi bagaimana cara hidup dan kebiasaan masyarakat Bangka. Seperti, rumah tradisional Bangka, perlengkapannya, permainan budaya Bangka, makanan tradisional dari Bangka, juga masjid kayu yang berciri budaya lokal. Kelekak juga biasa dipakai untuk manasik haji, karena di sini juga ada miniatur ka’bah. Lokasi Kelekak ini ada di Hutan Taklok Tuantunu, sekitar 5 km dari pusat kota.

Pict by : m.radarbangka.co.id

 

6. Pulau Memperak

Inilah keindahan tempat wisata di Belitung yang belum diketahui banyak wisatawan, namun terkenal akan pesonanya yang memikat. Pulau Memperak terletak di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan Anda air laut yang biru kehijauan dan bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini adalah satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Inilah sebab mengapa Pulau Memperak ini adalah salah satu tempat snorkel di Bangka Belitung yang mempesona.

Snorkeling terbaik di pulau ini dapat dilakukan di bagian utara, timur, dan barat Pulau Memperak. Itulah spot snorkel paling menarik untuk menikmati keindahan terumbu karang dan aneka makhluk hidup bawah air Pulau Memperak. Dan tak lupa, gunakan alas kaki tatkala snorkel karena terdapat bulu babi yang tajam. Pulau Memperak adalah pulau yang sepi, hanya ada penjaga pulau saja yang tinggal dalam rumah yang dibangun di sana. Oleh karenanya, membawa perbekalan akan sangat penting untuk menikmati pesona wisata Bangka Belitung yang satu ini.

Pict by : blog.gogonesia.com

 

7. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terletak sekitar 27 km jika dari pusat kota Tanjungpandan di Belitung. Di kalangan wisatawan domestik dan internasional, pantai ini adalah salah satu destinasi populer di Bangka Belitung. Bebatuan granit yang menawan yang salah satu membentuk formasi kepala burung, dan hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona dari keindahan panorama pantai Tanjung Kelayang ini. Di kawasan pantai ini seringkali ada berbagai penyelenggaraan event akbar maritim internasional salah satunya adalah Sail Wakatobi – Belitong.

Pict by : vaganzatour.com

 

8. Pantai Tanjung Tinggi

Inilah pantai di Belitung paling menawan dan terpopuler, terlebih pasca dijadikan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi yang terkenal itu. Bersama-sama dengan Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Tinggi adalah tempat wisata di Bangka Belitung paling populer di kalangan penikmat perjalanan. Terletak sekitar 30 km dari pusat kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Tinggi memiliki panorama pantai yang memikat dengan pasir putih dan bebatuan granit seperti layaknya pantai-pantai lainnya di Bangka Belitung.

Aneka olahraga air tersedia di pantai ini, selain itu beberapa kegiatan yang paling sering dilakukan wisatawan di antaranya adalah berenang, berjemur, snorkel, memancing, bermain jetski, hingga berjelajah dengan kano. Tentu saja, fasilitas publik dan akomodasi akan mudah ditemui di kawasan pantai indah ini, dari rumah makan hingga hotel dan resort.

Pict by : www.belitungcakrawala.com

  • EN: EN
Scroll To Top