Kamis, 23 Jun 2016 11:12

PARA SURFER MELAKUKAN AKSI MENENTANG PROYEK BENOA

Ratusan surfer menunjukkan ketidak setujuan mereka terhadap proyek Benoa..

Ratusan surfer kemarin menunjukkan protes yang damai dengan turun ke laut, menentang proyek kontroversial yang mengancam kawasan teluk benoa di selatan pulau Bali, Indonesia.

Ini adalah salah satu proyek yang mengancam keaslian dan keindahan tempat ini, serta alam dan kehidupan masyarakat lokal.

 

Dengan budget 3 Milyar Dollar, Proyek yang digarap oleh perusahaan Tirta Wahana Bali International,bertujuan untuk merubah daerah melalui pembangunan beberapa pulau buatan. Tujuan utama adalah merubah teluk benoa menjadi resort dan vila mewah, serta taman yang kurang lebih seluas 700 hektar. Proyek ini dinilai hanya menguntungkan bagi pihak pihak tertentu saja dan dinilai menindas rakyat kecil terutama penduduk lokal yang menggantungkan hidup pada teluk Benoa ini.

Teluk Benoa terletak di dekat bandara Internasional Ngurah Rai dan dianggap sebagai kawasan yang dilindungi sejak tahun 2011. Namun peraturan presiden yang ditandatangani pada tahun 2014 oleh presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono telah mengubah status Teluk Benoa ini.

Proyek ini dianggap akan mengancam ekosistem dan nelayan lokal serta juga mengancam Budaya dan agama karena menurut pendeta Hindu kawasan Benoa ini adalah kawasan suci.

 

Apakah proyek ini akan terus dilanjutkan?

Item terkait

Scroll To Top