Item terkait

Senin, 13 Jun 2016 22:14

TERMINAL 3 "ULTIMATE" SOETTA DIGADANG GADANG AKAN MELEBIHI BANDARA CHANGI

Terminal 3 Ultimate akan menjadi ikon baru Indonesia..

Bandara Internasional Soekarno Hatta akan memiliki wajah baru dengan dibangunnya terminal 3 "Ultimate". Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi ingin kemegahan Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dapat menyaingi Bandara Changi, Singapura. Upaya untuk mencapai itu dengan membangun terminal 3 ultimate di Bandara Soekarno-Hatta ini.

Angkasa Pura II ingin menempatkan Bandara Soetta, Cengkareng sebagai benchmarking dari bandara lain. Menurut Budi, meski Sekarang ini kita begitu terpuruk, tapi kita ingin bangkit supaya Bandara Soetta bisa menyamai atau menyaingi Singapura. Nantinya terminal 3 "Ultimate" ini akan menampung kurang lebih 25 juta penumpang setiap tahunnya. Kapasitas 25 juta penumpang pertahun ini ternyata bakal melebihi kapasitas yang ditampung oleh bandara super megah di Singapura yakni Changi.

Desain bangunan terminal 3 "Ultimate" sendiri dibangun dengan hasil maha karya anak bangsa Indonesia sendiri yang menonjolkan budaya dan kearifan lokal. Akan dipajang seperti patung, Lukisan atau bermacam macam karya seni dan budaya Indonesia. Tentunya juga akan ada beberapa macam karya seni bernuansa budaya Indonesia yang akan dijajakkan disini yang akan menarik para turis khususnya dari luar negeri untuk membelinya. Selain itu juga akan disediakan lounge atau tempat makan yang bernuansa megah untuk para penumpang yang harus transit dan menunggu lama, bisa menunggu dengan santai di lounge tersebut. Atau juga bisa menunggu di ruang tunggu yang banyak tersedia di beberapa titik terminal. Tersedia juga berbagai toko brand brand ternama untuk memanjakan pengunjung yang ingin berbelanja. CCTV akan dipasang di banyak sudut terminal dengan benar benar detail sehigga jika penumpang lupa akan barang mereka setidaknya lebih dari 5 menit, cctv pasti dapat mendeteksi dan petugas pasti akan mengamankannya. Fasilitas bandara juga akan semakin lengkap dengan fasilitas perpindahan penumpang atau people mover yang akan menghubungkan satu terminal dengan terminal lainnya.

Perseroan dan PT Kereta Api Indonesia (KAI), membangun kereta bandara rute Manggarai-Dukuh Atas-Bandara Soetta di tahap I. Menurut Budi nantinya penumpang bisa check in pesawat di Dukuh Atas. Kalau bawa dua koper, satu koper mau masuk bagasi bisa di sana, satu koper lagi dibawa. Jadi nanti tidak lagi menemukan penumpang yang jalan kaki ke terminal bandara atau naik bus.

Dengan semua fasilitas dan hal baru yang melebihi bandara Changi diharapkan Terminal 3 "Ultimate" ini bisa membuat Soekarno Hatta menjadi bandara transit seperti yang selama ini dijalankan oleh Changi Singapura. Diketahui untuk membangun terminal 3 "Ultimate" telah menghabiskan dana sebesar 10 triliun.

PT Angkasa Pura II (Persero) bakal mengoperasikan Terminal 3 "Ultimate" Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 20 Juni 2016. Rencananya, maskapai Garuda Indonesia jadi yang pertama menggunakan terminal tersebut. Sesuai dengan target, pengoperasian terminal ini bisa dilakukan sebelum Hari Raya Lebaran. Sehingga para pelanggan Garuda, dapat menikmati mudik dari Terminal 3 "Ultimate" dengan segala kecanggihan teknologi yang diterapkan di dalamnya.

 

Untuk melihat gambaran terminal 3 "Ultimate" kalian bisa intip disini..

 

  • EN: EN
Scroll To Top