Item terkait

Sabtu, 11 Jun 2016 00:28

BEBERAPA PANTAI BALI DILANDA BANJIR ROB, BERIKUT SEBAB DAN PENJELASANNYA

Penjelasan akurat dari Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Suardana..

 

Seperti kita semua tahu di berbagai media tentunya diberitakan tentang beberapa pantai di Bali yang diterjang ombak besar yang tidak biasanya. Bahkan ombak ini menyebabkan beberapa restoran atau cafe pinggir pantai bahkan jalanan dekat pantai tergenang oleh banjir yang disebut banjir air pasang atau banjir rob. Mengapa hal ini bisa terjadi ? berikut penjelasannya secara akurat..

Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, I Wayan Suardana menuturkan, saat ini Pulau Bali memasuki masa kemarau. "Masuk kemarau angin relatif lebih kencang. Tiga hari ke depan kondisi gelombang tinggi relatif meningkat. Sebetulnya angin tidak terlalu kencang, tetapi gelombang meningkat, utamanya di tepi pantai," kata Suardana "Kondisi itu tidak terjadi di seluruh pantai Bali, kondisi itu hanya terjadi di wilayah Karangasem Selatan, Gianyar, Sanur dan Kuta,"lanjutnya.

Selain karena kondisi kemarau, menurut Suardana, pasangnya air laut disebabkan posisi sejajar matahari, bulan dan bumi dalam satu garis maksimal. Hal itu menyebabkan air di permukaan bumi meningkat di beberapa bagian. Kondisi ini menyebabkan terjadinya gaya tarik-menarik bulan dan bumi.

Saat ini, ia melanjutkan, secara umum angin memang sudah dominan bertiup dari timur-tenggara, ditambah lagi adanya pusat tekanan rendah (L) di Samudra Hindia yang menyebabkan nilai gelombang konstruktif atau naik.

Suardana menjelaskan, kenaikan tinggi gelombang utamanya sudah terjadi dari akhir Mei 2016. Sementara untuk kasus gelombang tinggi di sekitar Pantai Kuta merupakan gabungan antara pengaruh gelombang tinggi di perairan selatan Bali dengan pasang naik akibat astronomi.

"Sebab saat ini masuk periode bulan mati atau bulan baru, di mana posisi bulan, bumi, dan matahari segaris yang menyebabkan pasang naik sangat tinggi," tutup Suardana.

 

 

Berikut ini ombak yang menghantam salah satu Resort..

 

Kondisi pasang air laut juga menyebabkan air melewati pagar bandara Ngurah Rai..

 

Diharapkan para pengunjung yang sedang berlibur di Bali atau warga sekitar untuk lebih berhati hati untuk beberapa hari kedepan. Melihat kondisi ombak yang cukup besar mengahntam beberapa pantai di Bali tersebut.

 

  • EN: EN

Scroll To Top