Item terkait

Kamis, 02 Jun 2016 09:30

GEMPA HEBAT MELANDA PADANG

Gempa berlangsung selama 30 detik dan membut warga panik..

 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa Gempa 6,5 skala Richter telah menggoyang Kota Padang, Sumatera Barat, pada pukul 05:56, Kamis dini hari. Gempa terjadi di sejumlah daerah dan menciptakan kepanikan bagi penduduk lokal, namun tidak ada laporan kerusakan fatal ataupun korban jiwa. Seorang saksi mengatakan bahwa gempa menggoyang cukup kuat selama 30 detik, meskipun hanya 30 detik tetap saja membuat warga berhamburan keluar rumah karena panik akan terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Gempa itu berpusat 91 kilometer (56 mil) dari Sungaipenuh barat, sebuah kabupaten di Provinsi Jambi di Sumatera atau 141 kilometer (88 mil) selatan Padang, ibukota provinsi Sumatera Barat. Ini menyatakan gempa tersebut memiliki kedalaman 50,8 kilometer (31,5 mil).

Indonesia merupakan negara yang rawan gempa bumi karena lokasinya yang terletak di Pasifik "Ring of Fire," busur gunung berapi dan garis patahan di Cekungan Pasifik. Pada Desember 2004, sebuah gempa bumi besar dari pulau Sumatera yang memicu tsunami yang menewaskan 230.000 orang di berbagai negara.

Pada bulan Desember 2004, gempa berkekuatan-9.1 sr merupakan salah satu gempa bumi yang paling kuat yang pernah tercatat, terjadi di lepas pantai barat Sumatra, melepaskan tsunami besar yang melanda sejumlah negara tetangga dan menewaskan sedikitnya 227.898 orang.

 

  • EN: EN
Scroll To Top