Item terkait

Senin, 11 April 2016 14:22

HADAPI KETAKUTAN KETIKA SURFING

Setiap surfer pastinya pernah mengalami ketakutan ketika berada di laut...

Surfing termasuk kedalam salah satu olahraga yang ekstrim, dimana pelakunya harus berurusan dengan alam bebas yakni lautan luas. Dalam sesuatu yang ekstrim maka selalu ada bahaya dan ketakutan yang mutlak. Bahkan surfer sekelas professional pun pernah mengalami ketakutan ketika surfing. Terlebih kita kita yang baru memulai surfing dan pernah terkena sapuan ombak atau bahkan menghantam karang tentunya menyisakan trauma dan ketakutan bukan? Lalu, bagaimana seharusnya kita bernegosiasi dengan ketakutan kita ketika berada di laut?

Pemburu Ombak berikan beberapa tips untuk melenyapkan ketakutan ketika kalian sedang surfing.. Nah.. ini beberapa cara menghadapi ketakutan ketika surfing atau berada di laut..

1. Mulailah dengan meningkatkan kepercayaan diri kita dengan meningkatkan pengetahuan kita tentang ombak seperti cara membaca angin, baca ombak, tahu ketika tide tinggi atau rendah. Dengan begitu akan memudahkan kita dalam memutuskan haruskah kita surfing atau tidak karena kita mengerti keadaan ombak yang ada.

2. Percaya pada peralatan yang kita miliki, seperti papan yang kuat, tali kaki yang kokoh, dan tentunya fisik yang kuat. Jangan lupa untuk terus berlatih fisik ketilka tidak sedang surfing, terutama perkuat bagian lengan dan kaki kalian. Jika merasa paddle kamu kurang kuat ketika surfing, fokuskan latih lengan kalian, dan juga perhebat cara berenang kalian. Jika kita percaya semua telah kita miliki, dijamin kalian bakal anti takut ketika surfing.

3. Persiapkan mental dengan matang. Ini sangat penting untuk menghilangkan pikiran negatif ketika kita berada di dalam air. Belajar untuk fokus dan konsentrasi.

4. Santaikan pikiran seperti dengan cara mendengarkan musik yang kalian suka, atau pemanasan di pinggir pantai sejenak sebelum kalian memulai surfing. Dengan pikiran yang santai dan tanpa beban, membuat kalian akan lebih rileks dan menikmati sesi surfing tanpa ketakutan.

5. Gunakan pakaian surfing yang ekstra nyaman. Karena kenyamanan outfit yang kalian pakai membantu membuat kalian mudah bergerak dan tentunya membuat kalian merasa nyaman ketika surfing. Ketika kalian merasa nyaman dengan pakaian yang kalian pakai, berimbas pada ketenangan fikiran kalian lho ketika surfing :)

6. Cobalah untuk surfing bersama beberapa kawan. Selain membuat surfing lebih fun, sekaligus juga untuk jaga jaga ketika hal yang tidak diinginkan terjadi dimana teman kalian bisa membantu bukan?

 

 

*Credit pict - www.surfgirlmag.com

 

 

  • EN: EN
Scroll To Top