Minggu, 20 Maret 2016 01:55

TURIS TERANCAM RABIES SETELAH DIGIGIT MONYET DI UBUD, BALI

Dihari ke 7 liburannya, pria ini harus menghadapi kejadian yang tak disangka...

Seorang pria bernama Anthony Wallace yang berasal dari East Gosford mengalami kejadian yang tak terduga. Di hari ke tujuh liburannya di Bali bersama pacarnya Libby McManus, pria ini terancam rabies karena seekor monyet menggigitnya. Kejadian itu terjadi di Monkey Forest Ubud.

Setelah gigitan terjadi, Mr Wallace pergi ke pusat pertolongan pertama di hutan monyet untuk mendapatkan suntikan tetanus.
"Dia mengatakan monyet dites rabies setahun sekali oleh seorang dokter Australia dan seluruh monyet di Ubud tidak memiliki rabies, tapi sepenuhnya terserah saya jika saya ingin suntikan rabies," kata Wallace.

Masih penasaran dengan gigitan yang dialaminya, Mr.Wallace konsultasikan apa yang ia alami ke dokter di negaranya ketika ia pulang. Dan dokter mengatakan kepadanya "Jika kamu terkena rabies, kamu akan mati".

Mr Wallace memutuskan untuk menjalani perawatan, yang mencakup suntikan immunoglobulin ke dalam luka gigitan, dan total sudah 4 suntikan ia jalani. Selain itu, Mr Wallace harus memiliki empat suntikan vaksin rabies selama dua minggu.

Mr. Wallace bercerita, bahwa ia dan pacarnya ketika mengunjungi taman monyet Ubud, ia benar benar waspada. Namun mereka tidak tahu sejauh mana bahaya yang mereka hadapi.

"Salah satu monyet besar melompat di bahu saya, saya memberinya pisang dan mulai memakannya, saya tidak menyentuh atau membuat monyet takut. namun kejadian begitu cepat hingga salah satu dari mereka menggigit saya." katanya.

Catatan medis menunjukkan rabies hampir selalu berakibat fatal setelah gejala neurologis muncul. Namun, vaksinasi bisa mencegah penyakit bahkan setelah terinveksi.

Item terkait

Scroll To Top