Item terkait

Kamis, 10 Maret 2016 05:45

INDONESIA NEGARA PERTAMA PALING BERISIKO TSUNAMI

Risiko tersebut dihitung dari jumlah manusia yang ada di daerah yang mungkin kehilangan nyawa karena bencana..

Menurut para peneliti bencana, diyakini bahwa Indonesia merupakan negara yang beresiko terhadap bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tanah longsor, kekeringan, dan kebakaran hutan. Namu salah satu yang paling mengancam adalah kedatangan tsunami yang dikatakan bahwa Indonesia menduduki posisi pertama negara paling beresiko terhadap bencana mematikan ini.

Tsunami adalah yang paling mengancam dan memiliki risiko tinggi. "Indonesia peringkat pertama di dunia dari ancaman tsunami," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho.

Risiko tersebut dihitung dari jumlah manusia yang ada di daerah yang mungkin kehilangan nyawa karena bencana. Peringkat ini diambil berdasarkan risiko tsunami yang bisa membunuh penduduk Indonesia paling tidak sebanyak 5.402.239 jiwa.

Sutopo menjelaskan memang tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mencegah kemauan alam jika itu terjadi, Namun setidaknya pemerintah harus lebih serius dalam mencanangkan pengaktifan alarm peringatan tsunami yang banyak tidak berfungsi. Setidaknya jika alarm tersebut berfungsi dengan baik, masyarakat bisa berancang ancang untuk menyelamatkan diri.

Selain tsunami, risiko bencana yang mengancam Indonesia antara lain tanah longsor, gempa dan banjir. Adapun tanah longsor, Indonesia juga masih berada di puncak sebagai negara paling berisiko dari 162 negara. Ancaman tanah longsor terbesar di Indonesia bisa membahayakan 197.372 orang.

 

Scroll To Top