Minggu, 11 Jun 2023 13:46

Rio Waida Menyingkirkan 2 kali Juara Dunia John John Florence di tahap ke-7 WSL Championship Tour

Ombak berkualitas dan eliminasi prematur menjadi sorotan pada hari pertama kompetisi…

 

Kondisi indah menyambut para surfer terbaik di dunia untuk mulai berkompetisi di Surf City El Salvador Pro, tahap ke-7 WSL Championship Tour (CT). Ombak sempurna dengan ketinggian satu hingga dua meter membuka kompetisi di right-hand terkenal di Punta Roca, juga dikenal sebagai La Punta atau Punta Chilama.

Di awal acara, nama besar seperti Jack Robinson (AUS), Kelly Slater (USA), dan John John Florence (HAW) tereliminasi secara prematur dan mencapai posisi ke-17.

Lineup in Punta Roca - WSL

 

Dengan prediksi yang sekali lagi tidak menguntungkan, perlu dikatakan bahwa acara WSL CT tidak beruntung dengan prakiraan cuaca yang baik di tahun 2023 ini. Panitia memulai uji coba pada hari kedua periode penantian, yang menurut prediksi dapat menjadi hari yang menawarkan kondisi yang lebih baik dalam tahap ini.



Filipe Toledo showed himself in good form on the perfect rights in Punta Roca - WSL

 

Pemimpin peringkat saat ini, Griffin Colapinto (USA), melanjutkan performa bagusnya dari Surf Ranch Pro dengan memenangkan heat pembukaan. Colapinto dalam kondisi sangat baik dan berhasil mencetak total skor 16.20 poin (dari total 20 poin yang tertinggi). Wildcard acara Bryan Perez (SLV) menjadi rival dari surfer asal California tersebut di putaran pertama.

Carissa Moore already in round 3 of the race - WSL

 

Di kategori wanita, Carissa Moore (HAW), juara lima kali WSL dan peringkat satu dunia saat ini, mendominasi heat pembuka. Pada Heat 2, Moore memulai dengan skor 8.00 poin yang sangat baik (dari total 10 poin yang tertinggi) dan memimpin sepanjang heat tersebut. Lakey Peterson berada di posisi kedua dan wildcard Leilani McGonagle (CRC) berada di posisi ketiga.

 

 

Jack Robinson, Kelly Slater, dan John John Florence tereliminasi pada putaran kedua:

 

Pendatang baru Ian Gentil (HAW) secara mengejutkan berhasil mengalahkan surfer peringkat 5 dunia, Jack Robinson (AUS). Kemenangan ini penting bagi Gentil yang membutuhkan klasifikasi yang baik untuk naik di peringkat.

Medina and Slater after heat - WSL

 

Pada heat 5 putaran kedua kategori pria, juara dunia tiga kali Gabriel Medina (BRA) mengeliminasi juara dunia sebelas kali Kelly Slater (USA)

 

Rio Waida eliminated John John Florence - WSL

 

Sementara itu, Rio Waida, menjadi protagonis di salah satu kemenangan terbesar pada hari itu dan juga dalam karirnya sejauh ini. Ia mengeliminasi juara dunia dua kali, John John Florence (HAW). Waida mencetak dua skor dengan tujuh poin yang solid dan Florence memberikan respons dengan skor 8.43, tetapi gagal mendapatkan skor yang mencukupi. Dengan demikian, iapun harus pulang lebih awal.

Kompetisi berlanjut hari ini di Punta Roca, dengan ombak rights yang dianggap paling sempurna dan terpanjang di Amerika Latin.

 

Surf City El Salvador Pro Men's Heats Round 3:

HEAT 1: Joao Chianca (BRA) vs. Ian Gentil (HAW)
HEAT 2: Italo Ferreira (BRA) vs. Callum Robson (AUS)
HEAT 3: Filipe Toledo (BRA) vs. Rio Waida (INA)
HEAT 4: Leonardo Fioravanti (ITA) vs. Kanoa Igarashi (JPN)
HEAT 5: Griffin Colapinto (USA) vs. Seth Moniz (HAW)
HEAT 6: Connor O'Leary (AUS) vs. Caio Ibelli (BRA)
HEAT 7: Ethan Ewing (AUS) vs. Liam O'Brien (AUS)
HEAT 8: Gabriel Medina (BRA) vs. Barron Mamiya (HAW)

 

Surf City El Salvador Pro Women's heats round 2:

HEAT 1: Tyler Wright (AUS) vs. Leilani McGonagle (CRC)
HEAT 2: Caitlin Simmers (USA) vs. Bettylou Sakura Johnson (HAW)
HEAT 3: Molly Picklum (AUS) vs. Johanne Defay (FRA)
HEAT 4: Lakey Peterson (USA) vs. Gabriela Bryan (HAW)

 

Photo credits: WSL / Beatriz Ryder

 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top