Selasa, 03 Maret 2020 13:01

KENYA MENGINSTAL PERTANIAN DARI AIR SURYA YANG MENGUBAH AIR LAUT KE AIR MINUM

Dibuat oleh LSM GivePower ...

Sebagian besar dari kita memiliki hak istimewa untuk memiliki akses ke air minum bersih dengan mudah setiap hari, tetapi sayangnya ini bukan kenyataan bagi semua orang.

Sekitar 2,2 miliar orang di seluruh dunia tidak memiliki akses mendapatkan air minum yang aman, tetapi ini adalah kenyataan yang bisa berubah. Organisasi non-pemerintah 'GivePower' telah membangun pertanian air tenaga surya pertama di Kenya, yang mengubah air garam di kawasan itu menjadi air minum yang bersih dan berkelanjutan.

Quinta menggunakan sistem penyaringan yang melakukan desalinasi air, memiliki kapasitas untuk menghasilkan air yang cukup untuk 35.000 orang setiap hari.

Tes pertama dilakukan pada Agustus tahun lalu di Kiunga, sebuah desa kecil di Kenya, dan terbukti sukses karena telah meningkatkan kehidupan banyak penduduk setempat.

Orang-orang Kiunga telah dipaksa untuk minum, memasak dan mandi di air payau dan terkontaminasi selama bertahun-tahun, tetapi setelah LSM menginstal pertanian air surya pertama di desa, warga telah melihat peningkatan besar dalam kehidupan sehari-hari mereka , sesuatu yang sebagian besar dari kita anggap remeh.

“Sebelum pemasangan teknologi ini, warga setempat sering harus melakukan perjalanan lebih dari satu jam untuk mendapatkan air minum untuk diri mereka sendiri dan keluarga mereka. Karena setiap tetes air tawar sangat berharga, mereka biasanya mandi dan mencuci pakaian mereka dengan air garam yang kotor, yang sangat agresif untuk kulit. ” kata Hayes Barnard, presiden GivePower. “Anda melihat anak-anak di dalam desa dengan bekas luka di perut atau lutut mereka karena terlalu banyak garam di luka mereka. Mereka pada dasarnya meracuni keluarga mereka dengan air. Tetapi fasilitas itu membantu mereka tidak hanya dengan situasi ini, tetapi juga menyelamatkan mereka dari berbagai penyakit, karena air yang mereka gunakan dulu penuh dengan polutan dan parasit. Benar-benar langkah besar bagi umat manusia! ” lanjut Hayes Barnard.

Didukung oleh energi surya, sistem desalinasi dipasang dalam wadah yang mampu menghasilkan 50 kilowatt energi dan mengoperasikan dua pompa air 24 jam sehari, yang berhasil mengubah 75.000 liter air payau dan / atau air laut menjadi air bersih dan layak minum setiap hari.

Dengan biaya $ 20 per orang, Quinta mampu menyediakan akses air bersih selama 20 tahun.

Saat ini, sekitar 2 miliar orang tinggal di daerah dengan kelangkaan air dan 3,5 miliar mungkin tanpa air pada tahun 2025, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

“Kemanusiaan perlu mengambil langkah cepat untuk menghadapi krisis air global yang sedang kita hadapi. Dengan keahlian energi bersih off-grid kami, GivePower dapat membantu segera, menyebarkan solusi pertanian surya untuk menyelamatkan nyawa di daerah di seluruh dunia yang menderita kelangkaan air yang berkepanjangan, "kata Hayes Barnard.

  • EN: EN
Scroll To Top