Sabtu, 01 Desember 2018 08:48

Pemenang WSL Junior dan Longboard akan Dinobatkan di Taiwan

Dari Indonesia akan bertarung Rio Waida dan Ketut Agus di ajang Junior Pro Taiwan Open
 
 

World Surf League (WSL) dengan bangga mengumumkan bahwa Kejuaraan Dunia Junior dan World Longboard 2018 akan diadakan di Taitung County di Taiwan. Taiwan Open of Surfing, yang sebelumnya menjadi tuan rumah bagi acara QS1,000, QS1, 500, dan LQS, sekarang akan menjadi lokasi untuk memenangi dua Juara Dunia Junior dan dua World Longboard Champions. Ini akan menjadi pertama kalinya dalam sejarah WSL bahwa Juara Dunia dari divisi terpisah akan dimahkotai pada acara yang sama.
Setelah membuktikan diri sebagai lokasi yang luar biasa untuk acara selancar selama tujuh tahun terakhir, Pelabuhan Jinzun di Taitung akan bertindak sebagai lokasi utama acara. Jendela kompetisi untuk World Longboard Championships akan berlangsung mulai 26 November hingga 1 Desember 2018. Kejuaraan Dunia Junior akan berlangsung mulai 1 Desember hingga 9, 2018.


"Pelabuhan Jinzun di Taiwan terlihat seperti gelombang berkinerja super tinggi, jadi saya sangat senang melihat Juniors terbaik di dunia bertempur habis-habisan di lokasi baru yang menarik," kata Travis Logie, Wakil Komisaris WSL.
Dari Indonesia akan ada Rio Waida dan Ketut Agus yang akan bersaing di kejuaraan Taiwan Open Junior. Baik Waida dan Aditya telah tumbuh berselancar dan berkompetisi di Bali dan merupakan surfer dari Asian Surfing Championship (ASC) dan program Kejuaraan Surfing Championship (ISC) Junior dan Open, bersama dengan sponsor lama mereka Quiksilver dan Rip Curl.


Waida mulai berkompetisi di acara junior ketika dia baru berusia 8 tahun, dan memenangkan acara pertamanya pada usia 9 tahun. Hingga Memenangkan ajang 2016 Quiksilver Young Gun di California menempatkan Waida dengan baik dan benar-benar menjadi sorotan selancar internasional, saat dia dan 8 lainnya, Sammy Pupo (BRA), Barron Mamiya (HAW), Cody Young (HAW), Sandy Whittaker (AUS), Malakai Martinez (CRI), Marco Mignot (FRA), Kyuss King (AUS) dan Kael Walsh (AUS) dipilih dari 1.500 entri (di 19 negara) dengan lebih dari 35.000 suara. Sejak itu Rio telah terbang ke seluruh dunia mewakili Indonesia dan memenangkan acara dalam perjalanannya menuju tujuannya menjadi pesaing Tur Kejuaraan Dunia, sehingga memiliki kesempatan untuk bersaing dan memenangkan Kejuaraan Dunia Junior adalah satu langkah lagi menuju tujuan itu.



Ketut "Agus" Aditya, kini berusia 17 tahun, tumbuh di Kuta, Bali berselancar dan belajar untuk bersaing di bawah asuhan sesama anggota tim Rip Curl Pepen Hendrik dan Made "Garut" Widiarta dan lainnya, dan ASC Junior Champion pada tahun 2016. Sponsornya, Rip Curl di Bali, telah menjalankan acara GromSearch selama 15 tahun sekarang, yang memberi Ketut banyak kesempatan untuk mengasah kemampuannya dalam berselancar dan kompetisi gratis, selain juga dapat nongkrong dan berselancar bersama Juara Dunia termasuk Mick Fanning , Gabriel Medina dan pro lainnya ketika mereka berhenti di Bali setiap tahun. Memenangkan WQS 1000 Nias Pro September lalu ini telah memaparkannya kepada dunia internasional untuk berselancar dan mendorongnya ke puncak peringkat Wilayah Asia, yang sekarang telah membawanya ke Taiwan pada bulan Desember untuk naik melawan peselancar junior top dunia.
 

  • EN: EN

Item terkait

Scroll To Top