Item terkait

Senin, 16 Februari 2015 13:22

WHY RACE TJIA WANT TO "PLANT" TREES IN CIMAJA?

"saya sudah 3 kali mencoba menanam pohon di pantai cimaja.." Race Tjea...

 

Tim pemburu ombak bersama Race dan surfer lokal cimaja lainnya masih penasaran ingin mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada peristiwa penebangan pohon minggu lalu.
 
 .... berikut ungkapan race kepada pemburuombak.com

 

 

 

 

 

Pemburu Ombak: kami telah memperhatikan bahwa ada beberapa jenis polemik yang melibatkan peselancar dari Jakarta dan Surfers lokal dari Cimaja. Race, apakah Anda penduduk lokal Cimaja? apa perasaan Anda tentang tempat itu (gelombang)?
 
Race Tjia: Saya bukan orang asli Cimaja, saya hanya pengunjung reguler yang datang hampir setiap akhir pekan. Cimaja memiliki ombak yang bagus dan letaknya paling dekat dengan jakarta kota dimana saya tinggal. Oleh sebab itu saya banyak berkesempatan mengunjungi Cimaja.
 
Pemburu Ombak:Kami tahu bahwa kamu mencoba untuk menanam beberapa pohon di Cimaja pantai, Apa maksud utama kamu dari itu semua itu?
 
Race Tjia: Yaaa.. saya sudah 3 kali mencoba menanam pohon di pantai cimaja..saya ingin membuat cimaja lebih hijau.saya pikir jika ada pohon akan Adem rasanya berlindung dibawah bayangan pohon rindang di terik panas hari setelah surf.
Saya ceritakan sedikit bagaimana upaya saya dalam menanam pohon itu. Pertama saya harus membawa pohon-pohon tersebut diatas cup mobil kecil saya itu ke cimaja. Dan pohon-pohon itu kering..
 
Terakhir saya menanam 6 pohon besar sekitar diameter 30 cm dan tingginya 3-4 meter kira-kira. Saya harus bayar orang dan menyewa mobil untuk membawa pohon-pohon itu dari suatu tempat ke cimaja.
 
 
Seperti yang anda tahu, semua pohon itu kini sudah di tebang oleh orang yang tidak setuju dengan ini.
 
Pemburu Ombak: Kami tahu bahwa beberapa peselancar dari masyarakat setempat mendukung usaha penanaman pohon ini, seperti Dede Suryana misalnya. Setelah pohon-pohon tersebut ditebang oleh orang yang kamu tidak tahu.bagaimana perasaan kamu?
 
Race Tjia: Tentunya saya sedih dan kecewa karena gak ada yang salah dengan menanam pohon. Dan saya tidak percaya kalau ada orang yang tidak setuju dengan hal baik ini. Saya akan terus berusaha melakukan hal baik ini dan terus menanam pohon!
 
Pemburu Ombak: Menurut kamu kenapa ini semua bisa terjadi?
 
Race Tjia: Saya benar-benar tidak mengerti kenapa ini terjadi. Kita perlu menemukan pelaku dan menanyai kenapa ia tebang pohon-pohon tersebut.
 
Pemburu Ombak: Ada pertanyaan terakhir yang penting. Kamu harus berbicara terlebih dahulu dengan semua komunitas surfing lokal untuk mendapatkan persetujuan dari mereka dan melakukannya. Apakah sudah kamu lakukan?
 
Race Tjia: Sebelum melakukan ini semua, saya bertanya pada orang lokal cimaja..dan mereka mendukung saya untuk melakukan ini.

 

 

 

Scroll To Top