Item terkait

Selasa, 10 Oktober 2017 20:43

EDDIE BONO : BELAJAR SURFING KARENA TUNTUTAN EKONOMI

Bono datang hanya 7 hari di bulan purnama dan 7 hari di bulan baru.

Mungkin sudah banyak dari kalian sobat Pemburu Ombak yang telah mendengar atau mengetahui fenomena ombak Bono di sungai Kampar, Riau. Ombak yang terjadi karena adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

Kali ini tim Pemburu Ombak berhasil berbincang-bincang dengan salah satu surfer lokal sekaligus seorang captain boat di Bono. Pria ini bernama Dedy Endoni yang dikenal dengan nama "Eddie Bono". Yuk langsung saja simak perbincangan kami dengan "Eddie Bono".

 

Pemburu Ombak : Halo, bisa sebutkan Nama lengkap dan umur anda sekarang?

Eddie : Halo, nama saya Dedy Endoni. Saya berusia 36 tahun.

 

Pemburu Ombak : Sejak kapan memulai surfing dan mengapa ?

Eddie : Saya mulai belajar surfing pada september 2010.. Saat itu belajar surfing terpaksa karena tuntutan ekonomi , waktu itu aku di tawarkan pekerjaan sebagai captain boat untuk memandu surfer di bono, aku terima pekerjaan itu dan mereka bilang bahwa aku harus bisa surfing , biar lebih mudah mengenali ombak sewaktu drop surfer dari boat ke ombak, sekalian untuk mengurangi rasa takut aku saat bawa boat di bono. Disitulah aku mengenal surfing dan aku sangat menyukainya!

*kegiatan Eddie sebagai pemandu surfer yang ingin berselancar di Bono. Photo by : Facebook

 

Pemburu Ombak : sebagai surfer lokal, apa sih yang spesial dari ombak bono menurut anda?

Eddie : Kalau menurut saya Bono itu biasa saja , ketinggian ombak nya medium masih 3,5 meter ke bawah, kecepatan nya juga mellow .. tapi, jarak tempuh nya yang istimewa .. dengan skill yang biasa-biasa saja kita bisa surfing 15 hingga 20 menit per gelombang, jadi untuk beginner dan intermediate bagus di bono , karena di bono surfing drop by boat , jadi tidak buang-buang energi untuk duck dive !.

 

Pemburu Ombak : Ngomong-ngomong soal surfing di sungai, apakah mas tidak takut jika ada buaya? lalu apakah pernah melihat buaya ketika sedang berselancar atau membawa boat di sana?

Eddie : Nama nya di sungai air tawar ya HIU ya buaya .tapi, mereka calm aja.. nggak gangguin kok haha. pernah sih beberapa kali liat buaya sewaktu bawa boat dan lagi surfing di bono, tapi mereka nya santai aja dan nggak menyerang, mungkin karena nggak terlalu dekat dan mereka nggak merasa terancam.

*Eddie dan teman-temannya sudah tidak takut dengan keberadaan buaya yang menurutnya tidak mengganggu.

 

Pemburu Ombak : Apakah banyak peselancar lokal ataupun mancanegara yang datang untuk mencoba keajaiban ombak Bono? boleh tau darimana saja mereka datang?

Eddie : sejauh ini masih di bawah 300 an surfers asing yang datang ke bono. Yang paling ramai surfers dari Australia dan Perancis. Ada juga yang datang dari Swiss, Jerman, Belanda, Afrika Selatan , Maroko, Inggris, India, Rusia, Selandia Baru, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Spanyol , Portugal, Brazil, USA ,Argentina, Italia, Jepang dan tentu nya dari indonesia sendiri, (data itu sesuai dengan yang terdaftar di buku tamu ).

 

Pemburu Ombak : Kapan waktu yang tepat untuk surfing di Bono?

Eddie : Waktu yang tepat untuk berselancar di bono mulai bulan oktober hingga april karena musim hujan level air sungai tinggi dan bono/ gelombang pasang juga akan lebih tinggi. Tapi bono tidak datang setiap hari ..
hanya 7 hari di bulan purnama dan 7 hari di bulan baru.

 

Pemburu Ombak : Punya tips untuk pembaca Pemburu Ombak yang ingin berselancar di Bono?

Eddie : Kalau ke bono jangan nyelonong saja , silahkan bertanya dulu karena bono nya nggak datang setiap hari jadi kalau malu bertanya bisa bisa zonk. Kalau untuk board size di bono bisa pakai board apa saja tergantung keahlian surfer nya , karena ada beberapa spot itu size nya beda beda. Dan untuk keselamatan, surfing di bono itu lebih aman pakai RIB BOAT selain untuk drop ke ombak juga berfungsi sebagai boat untuk penyelamatan.

 

Pemburu Ombak : Dengan adanya pertambahan wisatawan yang datang untuk berselancar ke bono, apakah menurut mas eddie pemerintah atau pemda setempat sudah cukup mendukung perkembangan pariwisata area tersebut? Kira-kira apa yang kurang dan harus dilakukan oleh pemerintah/pemda?

Eddie : Kalau untuk dukungan pemerintah sejauh ini, kita cukup mendapat kan dukungan. Hanya saja Bono kan daerah pariwisata baru, semua nya nggak ada yang instant, kita masih butuh waktu untuk mengenalkan bono kepada dunia luar. Kalau yang kurang sih banyak , susah jelasin nya.

 

Itulah tadi perbincangan kami dengan Eddie Bono. So guys, penasaran mau jajal ombak Bono ?

 

Scroll To Top