Item terkait

Rabu, 07 Oktober 2015 09:35

DEDE SURYANA : pemerintah harus lebih aktif membantu pengadaan kompetisi surfing

Ia adalah salah satu peselancar terbaik Indonesia asal Cimaja - Jawa Barat..

Di edisi wawancara bersama salah satu surfer terbaik Indonesia, nama Dede Suryana pantas untuk dimasukkan ke dalam daftar nama surfer terbaik. Pasalnya Dede yang berasal dari Cimaja ini berkali kali memenangkan kompetisi surfing baik tingkat nasional maupun internasional. Merupakan kesempatan besar bagi kami bisa berbincang dengan pria yang akrab disapa 'mang Dede' ini.

 

1 - Menurut kamu, siapakah surfer terbaik Indonesia ?

Mega Semadi, Garut Widiarta, Raditya Rondy. ketiga orang ini buat saya adalah inspirasi dan motivasi dalam surfing

 

2 - Kamu pernah berkompetisi di ASC dan juga di beberapa event WSL, beri tahu kami seberapa pentingnya bagi kamu berkompetisi di ASC serta bagaimana pengalaman berkompetisi di WSL ?

ASC buat saya adalah satu peranan yang sangat penting untuk karir saya dan masa depan Surfing di Indonesia dan ASIA untuk mumumnya. Untuk pengalaman saya bertanding di WSL dan ASC merupakan suatu kebanggaan yang sangat besar sebagai pengalaman hidup saya tentang dunia kompetisi surfing dan pastinya karir saya sebagai surfer Indonesia.

 

3 - Ketika kamu berkompetisi di WQS untuk menembus WCT, apakah kendala tersulit dan tantangan terbesar? Serta apa yang bisa kamu sampaikan untuk semua surfer Indonesia yang ingin mencoba bergelut disana?

Kendala tersulit ketika mengikuti kompetisi WQS bisa dari peselancar lain atau saingan kita yang datang dari mancanegara, faktor keberuntungan, juga faktor dari kondisi ombak yang kadang kecil dan kurang bagus, terkadang juga perjalanan menuju tempat kompetisi yang terpencil dan jauh dari kota besar. Saya harus mencari teman untuk berbagi dan pastinya sebagai orang Indonesia biasa saya harus mengajukan VISA terlebih dahulu sebelum berangkat ke luar Negeri yang menurut saya prosedurnya sangat ribet.

 

4 - Apa target yang harus dicapai oleh generasi pro surfer Indonesia kini dan akan datang, baik target nasional ataupun Internasional ?

Target yang harus dicapei Surfer Indonesia. Suatu saat nanti harus ada surfer Indonesia yang masuk ke WCT. bagaimana pun caranya surfer indonesia yang muda-muda sekarang harus belajar surfing di ombak dengan segala kondisi, agar kelak mengikuti WQS bisa bertanding dengan baik.

 

5 - Apa yang kamu harapkan dari sponsor kamu ? Dan dari pemerintah, apakah harus ada dukungan lebih?

Sebagai surfer, harapan saya untuk sponsor saya (Quiksilver) semoga bisa terus menjalin hubungan dengan baik dan menjaga hubungan baik kedepannya sebagai rekan bisnis. Semoga Surfing Industri akan semakin bangkit dan akan ada kompetisi lebih banyak baik nasional maupun international dan saya harap pemerintah lebih aktif membantu pengadaan kompetisi surfing.

 

6 - Apakah menurut kamu suatu hari nanti Indonesia akan memiliki juara di kejuaraan surfing dunia?

Surfing di Indonesia sudah mulai berkembang dan saya yakin suatu saat nanti akan ada surfer Indonesia yg bakal ikut WCT

 

7- Ada hal lain yang ingin disampaikan ?

Kepada seluruh masyarakat Indonesia,yang dipedalaman,dikampung ,desa dan kota. Tolong jaga kebersihan,buang sampah ditempat sampah dan cintai lingkungan dan negari sendiri.

 

Scroll To Top