Item terkait

Rabu, 30 September 2015 10:21

RADITYA RONDI : INDONESIA PASTI BISA MEMILIKI JUARA DI PANGGUNG SURFING INTERNASIONAL

Raditya Rondi berkata tentang serunya surfing serta suka duka surfing Indonesia..

Kali ini di edisi selanjutnya wawancara dengan salah satu surfer terbaik Indonesia, Kami memilih Raditya Rondi yang patut masuk ke dalam jajaran nama nama terbaik surfer Indonesia. Karirnya dalam  surfing tidak perlu diragukan lagi. Banyak memenangkan kontes kontes baik nasional maupun Internasional serta namanya juga terkenal di telinga pemburu ombak Indonesia. Berikut perbincangan kami dengan Raditya Rondi..

 

Menurut kamu, siapakah surfer terbaik Indonesia ?

Menurut saya surfer terbaik Indonesia adala Bol, karena saat saya masih kecil dia bagaikan bintang surfing. Dia juga banyak memenangkan kompetisi pada jamannya baik nasional maupun internasional. Sampai sekarang ia juga masih berkecimpung di kompetisi. Bol juga mempunyai style surfing yang hebat.

 

Menurut info yang kami dapat, kamu pernah berkompetisi di ASC dan juga di beberapa event WSL, beri tahu kami seberapa pentingnya bagi kamu berkompetisi di ASC serta bagaimana pengalaman berkompetisi di WSL ?

Ya, kompetisi ASC sangatlah penting bagi saya. Benar benar hal yang hebat dengan adanya ASC jadi membuat kami para surfer bisa berkeliling negara negara di asia, melihat tempat atau spot surf yang baru dan berkompetisi dengan surfer surfer terbaik se asia. Di ASC saya juga sekaligus belajar mengasah kemampuan berkompetisi saya. Yang menguntungkan, saya jadi lebih siap jika suatu saat nanti berkesempatan berkompetisi di level yang lebih tinggi yakni WSL.

 

Apa target yang harus dicapai oleh generasi pro surfer Indonesia kini dan akan datang, baik target nasional ataupun Internasional ?

Bagi saya target sesungguhnya yang harus dicapai adalah memenangkan ASC/ISC. Kemudian bertarung di WQS dan lolos masuk ke dalam jajaran surfer WCT/WSL. Menjadi surfer Indonesia pertama yang berada di jajaran WCT/WSL atau menjadi surfer terbaik Indonesia sebagai free surfer terbaik atau surfer ombak besar terbaik.

 

Apa yang kamu harapkan dari sponsor kamu ? Dan dari pemerintah, apakah harus ada dukungan lebih?

Saya tidak mengharapkan apa apa lagi dari sponsor saya (Billabong). Mereka sudah sangat baik dan mendukung saya sedari saya kecil. Mengirim saya ke beberapa kompetisi dan perjalanan surfing baik di Indonesia maupun luar Indonesia. Hingga kini mereka masih tetap setia mendukung saya dalam karir surfing saya, sebagai timbal balik saya terus melakukan yang terbaik dan berusaha keras untuk menang di setiap kontes. Sedangkan dari pemerintah, mereka harus mendukung lebih maksimal untuk olahraga ini. Karena dukungan mereka masih sangat kurang, kebanyakan kontes kontes yang diadakan di Indonesia bukan pengadaan dari pemerintah melainkan dari pihak swasta atau surfbrand. Pemerintah harus benar benar mendukung, karena kita memiliki ombak yang terbaik di dunia, dan tidak menutup kemungkinan jika suatu saat nanti akan ada juara dunia asal Indonesia jika pemerintah mendukung penuh.

 

Indonesia memiliki banyak sekali tujuan dan spot surfing terbaik namun kebanyakan orang Indonesia sendiri pun tidak tahu itu. Apakah menurut kamu suatu hari nanti Indonesia akan memiliki juara di kejuaraan surfing dunia?

Setiap orang dari mancanegara datang ke Indonesia untuk surfing. Kita memiliki ribuan spot surfing yang hebat dan pantai yang indah. Saya yakin suatu saat nanti surfing Indonesia akan semakin terkenal, dan berharap suatu saat nanti Indonesia memiliki wakil yang menjuarai surfing di panggung internasional. Saya lihat junior junior surfing sekarang begitu berkualitas dan hebat, dan yakin masa depan surfing akan cemerlang kedepannya.

 

Ada hal lain yang ingin disampaikan ?

Pesan saya untuk siapa saja, cobalah surfing! Karena surfing itu menyenangkan, kita memiliki ombak terbaik di dunia.  Dan untuk para junior junior surfing, cobalah tetap semangat dan berusaha lebih keras, jangan pernah menyerah dan nikmatilah ombak!

 

Scroll To Top