Item terkait

Selasa, 13 Mei 2014 08:15

Interview with Russian filmmaker

Mengaplikasikan bukti cintanya kepada Indonesia melalui karya videonya

 

Sobat, apa yang yang akan kalian jawab jika aku bertanya, apa yang kamu ketahui tentang Indonesia? Berapa pulau yang sudah kamu kunjungi? Mungkin bagi hampir sebagian orang belum pernah mengunjungi pulau lain atau daerah lain dan belum mengetaui betapa indahnya Indonesia. Dengan kekayaan alam dan ombak yang menakjubkan. Banyak wisatawan asing yang memuji keindahan ini. Hingga mereka tidak mau lagi pulang ke negera mereka. Sebagai warga Indonesia kita patut bangga dengan apa yang sudah Indonesia miliki.

Kali ini sahabat Pemburu Ombak dari negara yang cukup jauh 'Rusia' bernama Philipp Vasilev. Selain surfer ia juga Filmmaker. Philipp sangat mencintai dan mengakui keindahan dan ombak Indonesia. Ia merasa mimpinya menjadi nyata saat pertama kali datang ke Indonesia. Philipp mulai membuat film ketika ia berada di Bali. Dia membuktikan kecintaan dan rasa terimakasihnya kepada Indonesia dalam sebuah film seri berjudul 'Selamat Datang'. (kamu bisa lihat video dibawah ini). Mau tahu cerita lebih lengkap tentang hidupnya? Ikuti interview Pemburu Ombak dengan Philipp Vasilev.
 

1. Bagaimana kamu mengenal surifng?

Surfing telah menjadi mimpiku sejak aku masih kecil. saat aku berumur kira-kira 6/7 tahun aku memnonton video surfing dan aku mulai bermimpi. Tapi cukup lama aku tidak bisa surfing karena aku tinggal di USSR (setelah Rusia). Waktu itu tidak mudah dan cukup sulit untuk travel. Jadi aku mulai surfing secara bertahap. Aku mulai dengan

bermain skateboard ketika aku 11 tahun kemudian kitesurfing ketika aku 18 tahun. Karena daerahku Saint Peterburg memiliki teluk dan angin yang cukup mendukung. Melalui  kitesurfing aku mulai travel dan akhirnya pada tahun 2007 untuk pertama kalinya aku datang ke Bali dan melihat ombak laut sesungguhnya. Dari situlah mimpiku menjadi  nyata setelah aku datang ke Indonesia hampir setiap tahun.

 

 2. Apakah ada ombak di Rusia?

Saat ini para surfer Rusia sudah menemukan ombak di Vladivostok dan beberpa di Kamchatka dengan pemandangan yang cantik tapi airnya dingin. Selain itu ada beberapa  ombak di daerahku yaitu Sochi, Sochi memiliki ombak tapi harus sudah bisa surfing jika ingin bermain disana karena ombkanya bukan ombak seperti biasanya. Aku sedang  bermimpi  untuk trip dan membuat video surfing di Rusia tapi sepertinya masih agak lama.

 

3. Kapan kamu mulai membuat Film?

Aku menonton banyak film skateboard saat masih bermain skate dan aku mencoba merekam beberapa temanku dengan kamera sederhana, ketika mereka bermain skate. Sejak saat itu aku suka membuat video tetapi aku tidak pernah mengedit video mereka, sleian itu aku tidak punya kamera sendiri. Aku mulai mulai lebih serius sekitar 3 tahun yang lalu di Bali. Temanku adalah pemilik sekolah surfing Rusia (Take Of surf club) memiliki beberapa peralatan untuk foto seperti lensa canon dan beberapa perlengkapan merek Canon. Jadi aku memintanya untuk memberikan kesempatan untuk mencoba merekam dan membuat video dan mengedit. Ini adalah video pertamaku (https://vimeo.com/42532643). Semua orang Rusia menyukainya dan sejak saat itu aku pikir aku perlu membuat beberapa video lagi. Aku tidak pernah belajar tentang foto,  video ataupun editing video di Universitas,  aku belajar secara autodidak.

 

 4. Bagaimana dengan proyek Selamat Datang?

Ide 'Selamat Datang' muncul tahun lalu, ketika aku jalan-jalan ke Sumbawa, dari yoyos ke Danau dan aku kembali hanya untuk mengambil beberapa perlengkapanku. Aku menangkap beberapa foto surfing dan alam Sumbawa setelah itu aku kembali ke Bali. Sepertinya itu akan sangat bagus ketika aku memperlihatkan ke semua orang betapa  indahnya Indonesia dan juga ombak yang keren. Jadi aku membuat film pertamaku 'Selamat Datang'Series. Sepertinya aku akan membuat satu film lagi untu seri tahun ini.

Tujuan kami adalah untuk memperlihatkan tentang kehidupan orang Indonesia dan bukan hanya Bali saja yang memiliki alam yang indah tapi begitu banyak pulau lain yang  indah. Aku sangat mencintai Indonesia, video ini adalah bukti kecintaanku untuk Indonesia. Negara ini memiliki salah satu ombak terbaik dan tempat yang indah di dunia. Terima kasih Indonesia, karena disini aku dapat memiliki tempat yang Indah, dengan ombak yang bagus dan masih memiliki begitu banyak tempat yang masih belum tersentuh.

Bisa dikatakan bahwa 'selamat datang' tidak hanya tentang surfing tapi juga orang yang tinggal di Indonesia yang menyukai jalan-jalan ketempat yang masih liar.

 

5. Apa pendapatmu tentang travelling?

Well, menurutku travelling adalah cara terbaik untuk mengetahui kehidupan manusia terutama jika kamu tidak pergi menggunakan pesawat. Karena ketika kamu melalui jalan  darat (kereta api, bus atau mobil), kamu akan melihat lebih banyak tempat dimana saja yang kamu inginkan dibanding melalui jalur udara. Kamu bisa bebas pergi kemana  saja yang kamu inginkan dan bertemu dengan penduduk lokal juga kehidupan mereka, mencoba beberapa makanan setempat dan melihat beberapa tradisi.

Bagiku setiap perjalan menggunakan jalur darat adalah sesuatu yang menakjubkan. Kamu dapat melihat sesuatu yang berbeda dan bagaimana orang-orang yang berbeda meski  masih dalam satu negara. Ya, menurutku travelling adalah cara terbaik untuk mengetahui lebih dalam tentang kehidupan nyata manusia.

 

Thanks so Much Philipp.. Sukses buat kamu ya!


Scroll To Top